Pengembangan UMKM dari Hasil Kelautan Menuju Kawasan Sentra UMKM

Sudirman Sudirman, Irina Popoi

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh badan usaha perorangan yang bukan bagian dari usaha menengah atau usaha besar. Peningkatan UMKM di masyarakat dapat diupayakan dengan melakukan pengabdian pada masyarakat. Desa Langgula merupakan salah satu desa di Gorontalo yang dijadikan lokasi pengabdian pada masyarakat. Permasalahan masyarakat di desa ini adalah tidak adanya fasilitas dan pemasaran produk hasil kelautan. Menanggapi permasalahan tersebut, maka dilakukan pendekatan pada masyarakat, penetapan program, dan pelaksanaan kegiatan. Adapun program yang dilaksanakan untuk pengembangan UMKM dari hasil kelautan menuju kawasan sentra UMKM yaitu melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait diversifikasi produk hasil kelautan dan manajemen pengembangan UMKM, serta pembuatan lapak tempat penjualan


Keywords


UMKM, Pengabdian, Kelautan

Full Text:

PDF

References


Riza,Ririt, & Putra. (2022). Pengembangan UMKM Kelor Sebagai Produk Unggulan di Desa Wisata Belanja. Jurnal Pengabdian Masyarakat,2(4).

Dina,Alfa,Ode,Yosua,Jimmy, & Daru. (2021). Pendampingan Masyarakat dalam Meningkatkan UMKM dan Pembenahan Sarana Administratif Rumah Dataku di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) “Melati” Kelurahan Blotongan Kota Salatiga. Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(3).

Sugito,Alan, & Tarno. (2018). Pengabdian Masyarakat Pengembangan Produk UMKM Olahan Ikan Bandeng. Prosiding Seminar Nasional Unimus,1.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v1i2.17434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR