Pelatihan Kader Posyandu Sebagai Upaya Pencegahan Stunting pada Balita di Desa Lonuo Kecamatan Tilongkabila

Lia Amalia, Andi Makkulawu

Abstract


Masalah kurang gizi dan stunting merupakan dua masalah yang saling berhubungan. Pencegahan  stunting menjadi  tanggung  jawab   bersama.   Kader  posyandu sebagai perwakilan  masyarakat  memiliki  peran  yang  besar   demi   terlaksananya   intervensi   yang  efektif untuk menurunkan angka  stunting balita. Peningkatan kapasitas kader posyandu sangatlah penting untuk memberikan pengetahuan tentang tugas dan peran kader posyandu, sehingga diharapkan kedepan pelayanan posyandu akan lebih baik. Kader posyandu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda yang lebih produktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  dilaksanakan dengan memberikan pelatihan kepada kader Posyandu. Tujuan dari kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu sebagai upaya pencegahan stunting pada balita.

Keywords


Pelatihan ; Kader ; Stunting

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat: Pencegahan Stunting Pada Anak. Citing Internet sources URL Pencegahan Stunting Pada Anak (kemkes.go.id)

Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat: Cegah Stunting itu Penting. Citing Internet sources URL Cegah Stunting itu Penting (kemkes.go.id)

Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan masyarakat: Tiga upaya Penting Kemenkes Dalam Menurunkan Stunting. Citing Internet sources URL 3 Upaya Penting Kemenkes Dalam Menurunkan Stunting (kemkes.go.id)

Kementrian Kesehatan RI, Pokjanal Posyandu Pusat. (2012). Kurikukum dan Modul Pelatihan Kader Posyandu. Jakarta, Indonesia.

Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (2017). Buku Saku Desa dalam Penanganan Stunting. Jakarta, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v2i1.18422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR