Edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) Awam Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Menolong Korban Henti Jantung

Ibrahim Suleman

Abstract


Henti jantung (cardiac arrest) merupakan kondisi dimana hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba pada orang dengan diagnosa penyakit jantung atau tidak, serta terjadi dengan cepat begitu tanda dan gejalanya terlihat. Kasus henti jantung merupakan momok menakutkan bagi semua orang. Pengetahuan tentang bantuan hidup dasar khususnya pada kasus henti jantung sejatinya sangat penting dan harus diketahui oleh semua kalangan masyarakat awam mengingat peran masyarakat awam sebagai penolong pertama utamanya masyarakat yang berada dekat dengan lokasi korban yang mengalami henti jantung. Tujuan kegiatan PkM ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada Siswa SMA Negeri Kabila Kabupaten Bone Bolango tentang menolong korban henti jantung melalui bantuan hidup dasar (BHD). Target yang diharapkan dalam kegiatan PkM ini adalah dapat memberikan informasi mengenai bantuan hidup dasar pada para remaja yang tergolong siswa setingkat sekolah menegah atas (SMA) itu penting untuk dilakukan sehingga mereka sudah dapat melakukan tindakan RJP yang merupakan bagian dari pemberian bantuan hidup dasar dengan baik dan benar. Luaran PkM berupa pengetahuan yang dapat direalisasikan oleh siswa, artikel yang dipublikasikan di jurnal pengabdian kepada masyarakat, laporan hasil pelaksanaan PkM. Kegiatan PkM dilaksanakan di Sekola Menengah atas Negeri satu Kabila Kabupaten Bone Bolango Pada bulan Februari sampai dengan Maret 2023. Sasaran Kegiatan PkM adalah Siswa SMA N 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini meliputi ceramah. Demonstrasi dan tes kognitif.

Keywords


BHD; Henti Jantung

Full Text:

PDF

References


World Health Organization. (2012). World Health Statistics.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Muthmainnah, M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Awam Khusus Tentang Bantuan Hidup Dasar Berdasarkan Karakteristik Usia di RSUD X Hulu Sungai Selatan. Healthy-Mu Journal, 2(2)

Virani SS, Alonso A, Benjamin EJ, Bittencourt MS, Callaway CW, et al. (2020). On Behalf Of The American Heart Association Council On Epidemiology And Prevention Statistics Committee And Stroke Statistics Subcommittee. Heart Disease And Stroke Statistics–2020 update: a report from the American Heart Association. Circulation. 2020;141:e139–e596.

Dameria, Marlinang. (2019). Pengaruh Promkes dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap tentang Bantuan Hidup Dasar . Jurnal Kesmas Prima Indonesia.

Buamona, S., Kumaat, K., & Malara R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Pada Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa SMAN 1 Sasana Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Jumlah Penduduk Remaja di Indonesia. Jakarta

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Islam Village Tanggerang.

Notoadmodjo. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmi. (2022). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS-4. SMAN 4 Kota Bima Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2(1).

Ngirarung, S. Mulyadi, N. Malara, R. (2017). Pengaruh Simulasi Tindakan Resusitasi Jantung Paru (RJP0 Terhadap Tingkat Motivasi Siswa Menolong Korban Henti Jantung Di SMA Negeri 9 Binsus Manado. E-journal Keperawatan Vol. 5(1)

Dewi, A.R. (2015). Pengaruh Pelatihan Resusitasi Jantung Paru terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswa di SMA Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Aisyiyah Yogyakarta.

Thoyyibah, D. Z. (2014). Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pada Remaja terhadap Tingkat Motivasi Menolong Korban Henti Jantung. Sarjana Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawati, Ninuk Dian et al. 2020. “Peningkatan Kemampuan Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Siswa SMU Di Sekolah Menengah Umum Melalui Metode Simulasi Dan Role Play.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan 2(1): 1

Dahlan, S., Kumaat, L., & Onibala, F. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. EJournal Keperawatan, 2(1).

Sudarman, Akbar Asfar, I. P. (2019). Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Siswa Kelas XII di SMK Baznas Sulsel. Celebes Health Journal, 1(1), 49–58.

Notoadmodjo, S. (2017). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoadmodjo. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta

Rinanda, Suci. (2013). Pengaruh Metode Simulasi Tanggap Bencana Alam Terhadap Kemampuan Mitigasi Pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas C/D VI SLB Perwari Padang. Jurnal Pendidikan Khusus Vol. 1(1)

Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Klasikal dan Metode Pembelajaran E-learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1(2)

Darmi. (2022). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS-4. SMAN 4 Kota Bima Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia Vol. 2(1)




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v2i2.20903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR