Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

Elvie Febriani Dungga, Maimun Ihsan

Abstract


Kesehatan reproduksi remaja merupakan salah satu komponen dari kesehatan reproduksi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran sikap dan perilaku seksual yang bertanggung jawab. Permasalahan utama kesehatan reproduksi remaja (KRR) di Indonesia yaitu kurangnya informasi mengenai kesehatan repoduksi, masalah pergeseran perilaku seksual remaja, pelayanan kesehatan yang kurang baik. Situasi kesehatan remaja saat ini tentu tidak lepas dari informasi yang didapatkan remaja mengenai kesehatan reproduksi karena ketika remaja memiliki pengetahuan yang baik mengenai kesehatan reproduksi, maka remaja akan lebih memahami apa akibat dari perilaku seksual berisiko yang mereka lakukan. Proses pemberian informasi kesehatan tidak hanya melalui proses pembelajaran aktif saja, namun juga dapat dilakukan dengan penyuluhan dengan cara ceramah, Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dengan metode ceramah kesehatan reproduksi remaja yang diikuti oleh 250 siswa di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo dan  bertempat di Aula SMA Negeri 3 Kota Gorontalo.  Kegiatan ini mendapat respon yang positif baik dari siswa maupun dari pihak sekolah. Materi yang telah diberikan meliputi pengetahuan remaja tentang kesehatan organ reproduksi, perawatan dan cara menjaganya serta akibat yang ditimbulkan oleh perilaku seksual yang berisiko. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu remaja dalam memahami segala resiko yang terjadi akibat pemahaman yang salah perihal kesehatan reproduksi.

Keywords


Kesehatan;reproduksi;remaja

Full Text:

PDF

References


Zakia Darajat, Problema Remaja di Indonesia, (Jakarta: Bulan Bintang, 1978), h. 6

Hasyim Hasanah, Pemahaman Kesehatan Reproduki Bagi Perempuan: Sebuah Strategi Mencegah Berbagai Resiko Masalah Reproduksi Remaja. Jurnal SAWWA. Vol 11 No 2, h. 229-230.

Ahmad Nurcholish, Seksualitas dan Agama, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015), h. 41

Kathy French, Kesehatan Seksual, ( Jakarta: Bumi Medika, 2015), h.1

https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodat in-reproduksi-remaja.pdf, diakses tanggal 27 Juni 2023

Intan Kumalasari dan Iwan Andhyantoro, Kesehatan Reproduksi UntukMahasiswa Kebidanan dan Keperawatan, (Jakarta : Salemba Medika, 2012), p.12

Winarni S, Nugroho D, Agushyabana F, Buku Ajar Dasar Kesehatan Reproduksi, (Semarang : FKM UNDIP Pess, 2020) h.19




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v2i3.21146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR