PEDOMAN ASUHAN KEPERAWATAN (PAK) PADA PERAWAT DI RSUD. TOTO KABILA BONE BOLANGO

Wirda Y Dulahu, Nurdiana Djamaluddin, Gusti Pandi Liputo

Abstract


Pelayanan keperawatan secara keseluruhan memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan  kesehatan. Panduan Asuhan Keperawatan (PAK) adalah istilah teknis sebagai pengganti Standar Asuhan Keperawatan (SAK). Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mensosialiasikan standar/pedoman asuhan keperawatan yang baik dan benar. Dalam pelaksanaan pengabdian ini di RSUD Toto Kabila Bone Bolango dihadiri sejumlah 2 orang pejabat rumah sakit dan 28 perawat yang terdiri dari kepala ruangan, ketua tim dan perawat pelaksana. Hasil yang didapatkan seluruh peserta mengetahui lebih dalam terkait pelaksanaan asuhan keperawatan yang sesuai dengan standar pedoman asuhan keperawatan yang telah diterbitkan oleh Organisasi Profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Keywords


Asuhan Keperawatan, Perawat, Pelayanan Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Rokhmah, N. A., & Anggorowati, A. (2017). Komunikasi Efektif dalam Praktek Kolaborasi Interprofesi sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan. JHeS (Journal of Health Studies), 1(1), 65–71. https://doi.org/10.31101/jhes.186

Sari, R. N. I & Hadijah, H. S. (2016). Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja. MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 204-214. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3389

Simanjuntak, A. (2019). Pentingnya Komunikasi antar Tenaga Kesehatan agar Terciptanya Kolaborasi dalam Keselamatan Pasien. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/8ew3p

Talahatu, O., Hadi, M., & Sulaiman, S. (2021). Indirect Effects Faktor Peran pada Implementasi Patient Center Care terhadap Pelaksanaan Patient Safety. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 74-81. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.1643

Tarigan, R., Setyowati, S., Afriani, T., Dewi, S., & Yatnikasari, A. (2021). Penguatan Panduan Asuhan Keperawatan (PAK) dalam Pemberian Asuhan Keperawatan COVID-19 di Rumah Sakit. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 191-203. https://doi.org/10.31539/joting.v3i1.2153

Yanti, Y., Hadi, M., & Haryanto, R. (2019). Pengaruh Orientasi dengan Metode Perceptorship dan Mix Staffing terhadap Mutu Layanan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 234–243. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.771

Yusnaini, Y., Arif, Y., & Dorisnita, D. (2021). Kemampuan Kepemimpinan Klinis Perawat Pelaksana Berdasarkan Pendekatan Clinical Leadership Competency Framework dan Faktor-Faktor Determinannya. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 337–350. https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.191




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v2i3.21552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR