Optimalisasi Program Sekolah Siaga Bencana: Upaya Perlindungan Komprehensif terhadap Ancaman Bencana Tanah Longsor di Sekolah Dasar 47 Dumbo Raya

Ibrahim Suleman

Abstract


Bencana memiliki dampak yang besar pada masyarakat, terutama pada kelompok rentan seperti lanjut usia, anak-anak, perempuan, dan penyandang disabilitas, yang rentan karena keterbatasan fisik, mental, dan sosial. Program kesiapsiagaan bencana seperti Sekolah Siaga Bencana (SSB) dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak bencana terhadap kelompok rentan, khususnya anak-anak di lingkungan sekolah. Melalui SSB, siswa dilatih untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang tepat dalam menghadapi situasi bencana. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya tanah longsor dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana melalui program SSB. Metode pelatihan mencakup ceramah dan praktik simulasi evakuasi, dengan peserta utamanya adalah siswa dari Sekolah Dasar No. 47 Dumbo Raya. Pemilihan kelompok rentan didasarkan pada karakteristik sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap bencana tanah longsor dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana setelah mengikuti program ini. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil meningkatkan kemampuan siswa dan kelompok rentan untuk melakukan evakuasi dengan aman dan efektif. Program SSB perlu terus disosialisasikan dan didukung oleh pihak-pihak terkait untuk memastikan kesiapsiagaan optimal dalam menghadapi bencana tanah longsor dan upaya mitigasi di Kota Gorontalo.

Keywords


Bencana Longsor; Mitigasi; Kesiapsiagaan; Sekolah Siaga Bencana

Full Text:

PDF

References


M. T. Lu, F., & Sohail, “Exploring the Effects of Natural Capital Depletion and Natural Disasters on Happiness and Human Wellbeing: A Study in China,” Front. Psychol., vol. 13, no. 870623, 2022.

Y. Li, X., & Wang, “Construction of urban flood disaster emergency management system using scenario construction technology,” Comput. Intell. Neurosci., vol. 2022, no. 8048327, 2022.

S. Benchelha, “Landslide susceptibility mapping in the commune of Oudka, Taounate Province, North Morocco: A comparative analysis of logistic regression, multivariate adaptive regression spline, and artificial neural network models,” Environ. Eng. Geosci., vol. 66, no. 1, pp. 185–200, 2020.

T. H. Tran, “GIS-based soft computing models for landslide susceptibility mapping: A case study of pithoragarh district, uttarakhand state, India,” Math. Probl. Eng., vol. 2021, no. 1–19, 2021.

Zulkifli. dkk, “Sosialisasi Mitigasi Bencana dan Pemetaan Jalur Evakuasi untuk Mendukung Desa Sengkol Sebagai Desa Tanggap Bencana,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 5, no. 1, pp. 295–299, 2022.

Edward. Y, “International Journal of Social Science Research and Review Exchange Period 2019 -2021,” Int. J. Soc. Sci. Res. Rev., vol. 5, no. 10, pp. 381–396, 2022.

Arsyad. U. dkk, “Karakteristik Tanah Longsor di Daerah Aliran Sungai Tangka,” J. Hutan Dan Masy., vol. 10, no. 1, pp. 203–214, 2018.

Saha. S, “Modelling and predicting of landslide in Western Arunachal Himalaya, India,” Geosystems and Geoenvironment, vol. 2, no. 2, 2023.

Parkash. S, “Lessons Learned from Landslides of Socio-economic and Environmental Significance in India. In I. Alcántara-Ayala, Ž. Arbanas, D. Huntley, K. Konagai, M. Mikoš, K. Sassa, S. Sassa, H. Tang, & B. Tiwari (Eds.), Progress in Landslide Research and Technology,” Springer Int. Publ., vol. 1, no. 2, pp. 309–315, 2023.

Nema, “Local perception and adaptation strategies to landslide occurrence in the Kivu catchment of Rwanda,” Nat. Hazards Earth Syst. Sci. Discuss., vol. 2023, pp. 1–14, 2023.

BNPB, Korban dan Kerusakan Menurut Bencan. Jakarta: Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi (PDSI) BNPB, 2021.

Fathani. T, “Strengthening the Resilience by Implementing a Standard for Landslide Early Warning System. In K. Sassa, K. Konagai, B. Tiwari, Ž. Arbanas, & S. Sassa (Eds.), Progress in Landslide Research and Technology,” Springer Int. Publ., vol. 1, no. 1, pp. 277–284, 2023.

Lasaiba. M. A, “Sistem informasi geografi dan penginderaan jauh dalam pemetaan zona longsor lahan di kawasan terbangun,” STRING (Satuan Tulisan Ris. Dan Inov. Teknol., vol. 7, no. 3, pp. 344–358, 2023.

Permatasari. A. L, “Development and Evaluation of the Webgis Application to Support Volcanic Hazard Mitigation in the Southern Flank of Merapi Volcano, Sleman Regency, Yogyakarta Province, Indonesia,” Geogr. Environ. Sustain., vol. 15, no. 4, pp. 57–63, 2022.

B. Maulana, A., & Pratomo, “Pengaruh Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana terhadap Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Alam,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 15–28, 2019.

B. Wijaya, A., & Kusumo, “Evaluasi Program Sekolah Siaga Bencana sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapsiagaan Sekolah Terhadap Bencana Alam,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 40–53, 2017.

P. Nugraha, R., & Sari, “Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana dalam Upaya Meningkatkan Kesiapsiagaan Sekolah Terhadap Bencana Alam,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 35–48, 2020.

R. Fauzi, A., & Indriani, “Peran Sekolah Siaga Bencana dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Banjir,” J. Pengabdi. Kpd. Masyarakat2018, vol. 1, no. 12–25, 4AD.

D. Susanto, B., & Saputra, “Peran Sekolah Siaga Bencana dalam Menyosialisasikan Kebijakan Mitigasi Bencana di Sekolah Menengah Pertama,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 15–28, 2018.

S. Utami, R., & Wahyuni, “Penerapan Pembelajaran Bencana Alam Melalui Sekolah Siaga Bencana di Sekolah Menengah Atas,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 45–56, 2020.

A. Wulandari, D., & Kusuma, “Peningkatan Kesiapsiagaan Sekolah Terhadap Bencana Alam Melalui Program Sekolah Siaga Bencana,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 30–42, 2019.

A. Sari, D., & Pratama, “Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana dalam Upaya Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 20–35, 2019.

D. Rahayu, S., & Mustika, “Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar: Studi Kasus Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 78–92, 2021.

R. Hidayat, A., & Fitri, “Efektivitas Program Sekolah Siaga Bencana dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Sekolah Terhadap Bencana Alam,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 60–73, 2017.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v3i2.25825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR