Design Aplikasi Emergency : Gorontalo Emergency Sistem PSC JID Sebagai Upaya Tanggap Tindakan Kegawatdaruratan Berbasis Lokasi Di Gorontalo

Ibrahim Suleman, Moh. Firgiyawan Mustaki

Abstract


Masalah kegawatdaruratan masih menjadi hal yang perlu di perhatikan, utamanya terkait respon time yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pasien. Pertolongan pertama tindakan kegawatdaruratan yang berbasis manual membutuhkan waktu yang lama. Di era revolusi society 5.0 dan tuntutan berkembangnya teknologi, maka pelayanan keperawatanpun harus mampu beradptasi agar dapat memberi pelayanan yang maksimal sehingga tercapainya mutu pelayanan keperawatan, utamanya yang perlu dikembangkan pelayanan keperawatan jarak jauh yang berbasis data dan teknologi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kecepatan penanganan kondisi kegawatdaruratan di wilayah Gorontalo melalui pengembangan dan implementasi aplikasi digital tanggap darurat berbasis lokasi. Metode pengembangan sistem menggunakan model pengembangan sistem Analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan kode, dan uji coba aplikasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa aplikasi Gorontalo Emergency System PSC JID mencakup fitur utama seperti menu login, halaman utama, em-ambulance, em-blood, em-fire, em-police, em-basarnas, dan info aplikasi. Proses desain menggunakan model SDLC dengan pendekatan waterfall, dan hasil uji efisiensi menunjukkan waktu respon 2–5 detik dengan rating “Good”. Aplikasi dapat dijalankan pada perangkat Android dengan spesifikasi minimal prosesor 4GHz dan RAM 4GB, sehingga dinyatakan telah memenuhi aspek efisiensi dalam mendukung pelayanan kegawatdaruratan di wilayah Gorontalo. Aplikasi ini masih memiliki kekurangan terutama pada keamanan aplikasi yang belum sempurna dan untuk aksesbilitasnya masih minim dan terbatas berdasarkan lokasi.

Keywords


Aplikasi; Emergency Sistim; PSC

Full Text:

PDF

References


(1) Qona’ah A. Pemberdayaan Masyarakat dalam Aktivasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Annual Conference on Community Engagement. 2018:190–6.

(2) Kusumawardhani. Penanganan Kegawatdaruratan Medis pada Tahap Pra-Rumah Sakit. 2021.

(3) Hamzah. Konsep Kedaruratan dalam Pelayanan Kesehatan dan Medis. 2020.

(4) Marta Putra D. Hubungan Waktu Tanggap (Respon Time) Dengan Kepuasan Pelayanan Kegawatdaruratan Pada Pasien Asma Di Unit Gawat Darurat. J Penel Perawat Prof. 2022;4(2):713–20.

(5) Rahmadiniati I, Santoso BR, Suwardi S. Gambaran Respon Time Terhadap Penanganan Keperawatan Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Pelayanan Kegawatdaruratan Psc 119 Sanggam Di Wilayah Kerja Kabupaten Balangan. J Nurs Army. 2023;4(1):33–9.

(6) Simandalahi T, Morika HD, Sartiwi W, Sari Dewi RI. Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. J Kesehat Mesencephalon. 2019;5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.114

(7) Krismantoro Y, Siagian E. Emergency Response Time Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. J Gawat Darurat. 2023;5(1):35–42. https://doi.org/10.32583/jgd.v5i1.1226

(8) Marjes. Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat: Literature Review. 2023;4(2):112–8.

(9) Mahayanti. Society 5.0: Dampaknya terhadap Sistem Pelayanan Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. 2021.

(10) Sudarmaji S. Analisis Struktur Sistem Aplikasi Pengolahan Data Layanan Pasien Rekam Mendik. JIKI. 2020;1(1):25–32. https://doi.org/10.24127/jiki.v1i1.669

(11) Warman FPA, Edward R, Tama BJ. Perancangan Sistem Aplikasi Data Spareparts ATM PT Swadharma Sarana Informatika Berbasis Java. JRAMI. 2021;2(02):364–71. https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.788

(12) Pratama Y, Rachmatika R, Teknik F, Informatika T, Pamulang U. Perancangan Aplikasi Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Berbasis. 2022;1(12):2367–75.

(13) Alvian. Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dalam Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi. 2021.

(14) Tamimi A. Aplikasi emergency call berbasis crowdsource Google Maps API. 2018.

(15) Pratiwi R. Aplikasi panduan pertolongan pertama pada keadaan darurat berbasis Android. 2017.

(16) Irawan D. Rancang bangun emergency care at home application berbasis Android. 2017.

(17) Nastiti EM, Darotin R. Aplikasi edukatif pertolongan pertama berbasis kuis untuk anak usia sekolah. 2022.

(18) Fajar E. Analisis efisiensi kinerja aplikasi mobile: uji software berdasarkan kecepatan dan pemanfaatan daya. 2021.




DOI: https://doi.org/10.37905/phar.soc.v4i1.31069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

VISITOR