STRATEGI DIFERENSIASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Hotel Grand Q Gorontalo)

Nuur Hazar Zulfiani Marlisa, Rizan Machmud, Endi Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi diferensiasi berpengaruh terhadap keunggulan bersaing Hotel Graand Q Gorontalo. Penelitian ini melibatkan 100 orang responden, dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Data diuji dan analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing bagi hotel Grand Q tetapi tidak signifikan.. Dengan demikian hipotesis yang diajukan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing Hotel Grand Q Gorontalo,  terbukti dan diterima walaupun pengaruhnya sangat kecil atau tidak signifikan.

Keywords


Strategi Diferensiasi, Keunggulan Bersaing

References


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed.Revisi VI. PT. Rineka Cipta : Jakarta.

Amar, M. Y. (2015). The influence of product differentiation strategy on operational performance at Small and Medium Enterprises (SMEs) in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 18(3), 343-350.

Anwar, K. (2016). Comparison between cost leadership and differentiation strategy in agricultural businesses. Custos E Agronegocio on Line, 12(2), 212-231.

Bungin, Burhan 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Pernada Media : Jakarta.

Concrad, Klaus. 2002. “Price Competition and Product Differentiation when Goodshave Networks Effects”. Journal of Economic Behaviour and Organizations. pp. 289-303

Dewi, N. P. D. E., & Seminari, N. K. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing Pada Hotel Alila Ubud (Doctoral dissertation, Udayana University).

Daft, L, Richard. 2003. Manajemen. Penerbit : Salemba Empat Jakarta

David, Frend R & David Forest, R. (2016). Manajemen Strategik. Penerbit : Salemba Empat Jakarta

Ferdinand, Augusty T. 2000. Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik Research Paper Series – Konsentrasi Manajemen Pemasaran. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang

Friedman, G. Laurence Furey, R. Timothy. 2002. Mempenetrasikan Pasar dengan Berbagai Saluran Penjualan Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan, Menjual Lebih Banyak Produk, Meningkatkan Laba. Erlangga: Jakarta.

Ghazali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gorondutse, A. H., & Abdullah, H. H. (2017). Influence of differentiation strategy on performance of hotels: the moderating role of environmental munificence. Journal of Business & Retail Management Research, 11(4), 150-161

Husein, umar. 2003. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta. 2008. Metode Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Kireru Johnpeter Njoroge, Kepha Ombui, Jane Omwenga, 2016. Influence Of Product Differentiation Strategy In Achieving Competitive Advantage In Commercial Banks: A Case Of Equity Bank Limited. International Journal of Business & Law Research 4(2):40-52, April–June, 2016

Kartajaya, Hermawan. 2004. Hermawan Kartajaya on Differentiation. Mizan Medi Utama: Bandung

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Analisis Perancanaan Implementasi dan Pengendaliaan terjemah A hermawan Jakarta : Salemba empat

. 2003. Manajemen Pemasaran. jakarta : Erlangga

. 2007. Manajemen Pemasaran. PT .indeks

Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2001. “Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian”. Salemba Empat. Jakarta.

Lamb, Charles, w, hair, joseph, f, Mc donald, carl. 2001. Pemasaran . Salemba Empat : Jakarta

Nurmianto, Eko. Hari Supriyanto dan Kris Yuliarto. 2000. “Organisasional Design For Changing Business Environmental : Implementasi Servqual pada Kualitas Layanan Pelanggan”. Jurnal Bisnis Strategi Vol. 5/Tahun III. pp. 12-22.

Nuroni, A. M. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing pada Hotel Sumber Alam Cipanas Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 108-115.

Paryanti Ratna (2015). “Pengaruh Strategi DIferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Hotel Resty Menara Pekanbaru)”. JOM FISIP Volume 2 No. 2 Oktober 2015

Rangkuti, Freddy. 2003. Business Plan. Gramedia : Jakarta

Rusdiarti, 2004. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang”. Jurnal Bisnis Strategi Vol. 13 (Juli). pp. 54-65.

Rini, L. T. S., & Hutami, S. (2017). “Strategi Diferensiasi Untuk Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada Hotel Berbintang Di Surakarta”. Riset Manajemen dan Akuntansi, 8(2).

Rumakso. 2001. House keeping hotel. Andi offset : Yogyakarta

Sinaga, Dewi, 2015. Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Kasus Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru) JOM FISIP Volume 2 No. 2 Oktober 2015

Sutrisna, E., & Sinaga, D. S. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Kepuasan Konsumen (Kasus Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Sugiyono, 2004, Metode penelitian bisnis, Cetakan ke-5, Alfabeta, Bandung.

. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedelapan, Alfabeta Bandung Tjiptino, Fandy. 2001. Manajemen jasa. Penerbit Andi Offset : Yogyakarta

Transistari, Ralina dan Basu Swastha Dharmmesta. 2002. “Analisis Konsekuensi Perilaku Konsumen Terhadap Kualitas Layanan”. Kajian Bisnis No. 25 (Januari-April). pp. 17-3

Zahara Dkk. 2020. “Strategi Diferensiasi Sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing pada UKM Furniture”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 8, No. 1, pp. 20-27

Zuari. 2010. Analisis strategi diferensiasi jasa pada hotel Asean Pekanbaru, Skripsi Tidak Diterbitkan. Pekanbaru : Fakultas Ekonomi,Undri.




DOI: https://doi.org/10.37479/jkeb.v15i2.18282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis