KEUNGGULAN DAN STRATEGI MODEL BISNIS MIXUE

Riska Aprilia, Aulya Marshanda Ramadhani, Bintu Labibah, Ida Farida Adi Prawira

Abstract


Artikel ini mengulas keunggulan model bisnis waralaba dan sistem manajemen rantai pasokan yang diterapkan Mixue dalam ekspansi bisnisnya di Indonesia. Dengan melakukan tinjauan literatur, kami menganalisis faktor-faktor yang membuat Mixue berhasil menarik franchisor dan membuka beberapa cabang dalam waktu singkat. Mixue, brand kuliner khusus hidangan manis, sukses menarik minat pengusaha lokal untuk ikut serta dalam model bisnis waralaba mereka. Keunggulan model bisnis waralaba Mixue melibatkan dukungan kuat dari perusahaan, termasuk pelatihan, bahan baku berkualitas, dan pedoman operasional yang komprehensif. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang menarik bagi franchisor, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Selain itu, Mixue menerapkan sistem manajemen rantai pasokan yang efisien untuk memastikan kelancaran pasokan bahan baku ke seluruh outletnya. Hal ini memungkinkan Mixue menjaga konsistensi rasa dan kualitas produk di seluruh jaringan mereka. Artikel ini juga membahas manfaat yang diperoleh pemilik waralaba dengan model bisnis Mixue, termasuk dukungan operasional berkelanjutan dan akses ke merek yang sudah terbukti. Kesimpulannya, Mixue berhasil menciptakan ekosistem bisnis yang menguntungkan baik bagi induk perusahaan maupun franchisor, sehingga menjadikannya salah satu pemain utama industri kuliner di Indonesia.


Keywords


Business Model; Franchise; Supply Chain Management

References


Abdul Ghani, M. F., Hizam-Hanafiah, M., Mat Isa, R., & Abd Hamid, H. (2022). A Preliminary Study: Exploring Franchising Growth Factors of Franchisor and Franchisee. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3). Retrieved from https://doi.org/10.3390/joitmc8030138

Aditya Nalendra, A. R., Winarno, S. H., & Priadi, A. (2023). Mixue Expansion Strategy: The Effect of Location, Price, Lifestyle on Purchasing Decision and Brand Image As Intervening. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 95–103. Retrieved from https://doi.org/10.26905/jmdk.v11i1.9986

Annas, M., & Iswariyadi, A. (2023). Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science How Servicescape And Cold-Chain Quality Affecting Procurement Behaviour: Evidence Of Mixue Indonesia. Retrieved from https://ajmesc.com/index.php/ajmesc

Aziz, N. A. A., Hanafiah, M. H., & Latif, M. N. A. (2020). Supply chain management in franchising literature review: Synthesis of conclusions. Logforum, 16(4), 521–534. Retrieved from https://doi.org/10.17270/J.LOG.2020.513

Brandao, M. S., & Godinho-Filho, M. (2022). Is a multiple supply chain management perspective a new way to manage global supply chains toward sustainability? Journal of Cleaner Production, 375. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.134046

Bui, T. T. H., Jambulingam, M., & Amin, M. (2022). A literature review of franchisee performance: Insights for further research. Cogent Business and Management. Cogent OA. Retrieved from https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2044573

Chen, Z. (2021). Analysis on the Marketing Strategy of MXBC MilkTea.

Elzagi, V., Yulianto Putra, E., Rini Febiana, A., Rose Eviyani, E., Yeronica, F., Risvi, H., & Bisnis dan Manajemen, F. (2023). 7) 1) , yulianto@uib.ac. Surakarta Management Journal, 5(1).

Erceg, A., & Boškovska, V. (2020). Franchising in Macedonia-Opportunities and Threats. UTMS Journal of Economics (Vol. 11).

Ewaldo, D. S. (2023). ANALISA PENGARUH PENERAPAN SUMBER DAYA PERUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJEMEN RANTAI PASOK PADA PT. MAYORA INDAH TBK. TRANSEKONOMIKA. AKUNTANSI, BISNIS DAN KEUANGAN, 3(3), 538-547.

Farida, I., & Ardiansyah, W. (2022). Technology Acceptance Model Factors: Implications on Digital-Wallet on Interest to Buy in Franchise Business. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 2(2), 147–157. Retrieved from https://doi.org/10.52970/grmapb.v2i2.139

Hadi Prakoso Universitas Esa Unggul, Jatayu. (2023). EFEKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS SEBAGAI IMAGE SUPPLY CHAIN PADA BRAND MIXUE (Vol. 8).

Hidayat Nugroho, R., & Respati Kusumasari, I. (2022). PERKEMBANGAN FRANCHISE DI INDONESIA.

Kuwornu, J. K. M., Khaipetch, J., Gunawan, E., Bannor, R. K., & Ho, T. D. N. (2023). The adoption of sustainable supply chain management practices on performance and quality assurance of food companies. Sustainable Futures, 5. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sftr.2022.100103

Larson, P. D. (2001). Designing and Managing the Supply Chain: Concepts, Strategies, and Case Studies, David Simchi-Levi Philip Kaminsky Edith Simchi-Levi. Journal of Business Logistics, 22(1), 259–261. Retrieved from https://doi.org/10.1002/j.2158-1592.2001.tb00165.x

Nofita Sari, A., Pangestu, S., Erisya, Y., Mustika Putri, A., Studi Akuntansi, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Analisis Strategic Management Pada Restoran Cepat Saji McDonald’s.

Perdana, T., Onggo, B. S., Sadeli, A. H., Chaerani, D., Achmad, A. L. H., Hermiatin, F. R., & Gong, Y. (2022, September 1). Food supply chain management in disaster events: A systematic literature review. International Journal of Disaster Risk Reduction. Elsevier Ltd. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.103183

Susilo, D., & Harliantara. (2023). Disruption Model of Mixue’s Marketing Business. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(3), 613–626. Retrieved from https://doi.org/10.55927/ministal.v2i3.4167

Tritularsih, Y., & Sutopo, W. (2017). Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4.0. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Zulkarnaen, W., Dewi Fitriani, I., Yuningsih, N., Muhammadiyah Bandung, S., & Tasikmalaya, S. (2020). PENGEMBANGAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM PENGELOLAAN DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILU YANG LEBIH TEPAT JENIS, TEPAT JUMLAH DAN TEPAT WAKTU BERBASIS HUMAN RESOURCES COMPETENCY DEVELOPMENT DI KPU JAWA BARAT, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.37479/jkeb.v16i2.22525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis