STRATEGI PROMOSI PROGRAM STUDI MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF

Agus Jayadi, Rizka Donny Agung Saputra, Ahdi Topan Sofyan, Sopan Hidayat

Abstract


Agar sumber daya manusia Indonesia tetap kompetitif di era globalisasi, pentingnya pendidikan global tidak bisa dianggap remeh. Untuk menghadapi ketatnya persaingan, perguruan tinggi harus menerapkan berbagai strategi promosi, salah satunya melibatkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan program studi pemasaran dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Temuan tersebut menunjukkan belum adanya kerja sama konkrit antara pemerintah dan pengembangan sumber daya manusia. Terdapat juga kekurangan dalam mempromosikan program studi melalui sosialisasi yang efektif dan metode yang inovatif. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalin kerjasama yang lebih konkrit melalui Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pemerintah daerah, sekaligus membuat video promosi yang unik untuk disebarluaskan melalui platform media sosial populer seperti WhatsApp, Instagram, Facebook. , TikTok, dan Telegram


Keywords


Marketing Strategy, Study Program, Collaborative Approach

References


Ahyani, M. A. H. J. R. A. D. A. B. H. (2021). Eksistensi Model Perguruan Tinggi Di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang Dan Tantangannya Di Era 4.0). Hikmah, 18(1), 81–90.

Alfatih, A. (2022). Panduan Praktis Penelitian Deskriptif Kuantitatif (1st ed.). Universitas Unsri.

Arpah, S. (2021). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Di Stai Nw Samawa Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 1 (1), 18–29.

Cahyono, G., Samsudi, S., Pramono, S. E., & Mahmud, A. (2019). Konsep Kolaboratif Perguruan Tinggi Pada Era Digital dalam Penyiapan Guru PAI di FTIK UIN Salatiga. 428–432. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/428

Diana, D., & Hakim, L. (2021). Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah: Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan dan Kreatifitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi …, 1177, 1–14. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/article/view/9063/5358

Djadjuli, R. D. (2018). Peran Pemerintah Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah. Jurnal Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Vol5(2), hal. 10. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1409

Feriyan, G. W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Hana, P., Rusliyawati, R., & Damayanti, D. (2019). Pengaruh Media Richness Dan Frequently Update Terhadap Loyali Tas Civitas Akademika Perguruan Tinggi. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 7. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.328

Hanani, T., & Sukirno, S. (2016). Evaluasi Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) 2015. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v5i1.11475

hapsari, M. tunjung, & Setiawan, D. (2021). Marketing Strategy By Using Swot, Ife, Efe, and Qspm Method To Improve Competitiveness in Soerya Bakery Tulungagung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 156–165. https://doi.org/10.31849/jieb.v18i2.6327

Haryono, T., Swastanto, Y., Sumantri, S. H., Suhirwan, S., & Jupriyanto, J. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Kolaborasi Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, Undustri, Dan Pemerintah Dalam Industri Pertahanan Sebagai Bagian Penting Dalam Strategi Pertahanan Negara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 12(1), 62. https://doi.org/10.33172/jpbh.v12i1.1210

Junaidi, & Zulgani. (2011). Peranan sumberdaya ekonomi dalam pembangunan ekonomi daerah. Peranan Sumberdaya Ekonomi Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah, 1(2), 27–33. http://repository.unja.ac.id/id/eprint/239

Kadarisman, M. (2017). Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Era Persaingan Global. Sociae Polites, 3–20. https://doi.org/10.33541/sp.v1i1.459

Kulla, T., Rumapea, P., & Tampongangoy, D. L. (2018). Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Tinggilbet Distrilk Beoga Kabupaten Puncak Provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58), 3.

Ma’ruf, A. (2022). Analisis Strategi Panduan Praktis SWOT, GE-MCKINSEY, SPACE, FFA, QSPM, AHP Menggunakan Microsoft Excel (M. Kika (ed.); I). CV Andi Offset.

Malarangan, H., Salim, M., & Haekal, A. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 75–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88

Marlisa, N. H. Z., Machmud, R., & Rahman, E. (2022). Strategi Diferensiasi Dan Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Hotel Grand Q Gorontalo). Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 102–115.

Mohamad, R., & Niode, I. Y. (2020). Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7062

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Oktaviani, E., Wasono, A., Prakoso, I., Manajemen, M. M., Jakarta, U. P., Manajemen, D. M., & Jakarta, U. P. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16, 16–26.

Pramudyo, A. (2014). Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, II(2), 92–100.

Prasetyo, H. (2014). Dampak Kebijakan Akreditasi Perguruan Tinggi Terhadap Daya Saing (Competitiveness) Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Kebumen. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era 4.0. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 109–114. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4403

Renata, R., & Tobari, T. (2017). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 23–32. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1151

Rudy, P., & Rosmaya, N. (2015). Model Sinergi Perguruan Tinggi dan Perusahaan Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kec. Mauk Tangerang. In Sinergi Perguruan Tinggi Dan Dunia Usaha Untuk Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (1st ed., p. 212). UMN Press (Universitas Multimedia Nusantara).

Siregar, R. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Nasional. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 378–381.

Siwu, H. F. D. (2017). Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 18, No.6, 1–11. https://www.mendeley.com/library/

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Syahrul. (2017). Perencanaan Strategis dan Praktiknya di Perguruan Tinggi. 1, 1–18. https://media.neliti.com/media/publications/56645-ID-perencanaan-strategis-dan-prilaku-manaje.pdf

Syaiful, B. (2018). Pendidikan Global Dan Globalisasi Pendidikan. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Universitas Muhammadiyah Jakarta, 6(1), 1–8.

Wardi, J., Putri, G. E., & Johar, O. A. (2022). Promosi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru: Sebuah Tinjauan Kegiatan Promosi Di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 94–100. https://doi.org/10.31849/jieb.v19i1.8250

Wati, C. N., Sukestiyarno, Y. L., Sugiharto, D. Y. P., & Pramono, S. E. (2015). Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Jurnal Pascasarjana UNNES, 202–208.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Yusran. (2016). Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Antara Harapan Dan Tantangan Dari Sudut Pandang Pendidikan. BIOTIK, Vol 4, No.(4), 345–350.

Yusriadi, Y. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Restoran Cepat Saji O’Chicken Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 71–77. https://doi.org/10.31849/jieb.v15i1.1032




DOI: https://doi.org/10.37479/jkeb.v16i2.23280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis