Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo

Rifki Mohamad, Idris Yanto Niode

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi daya saing (competitive advantage) kopia karanji Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatakan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal, Analisis Matriks EFAS dan IFAS, Analisis Matriks SPACE, Analisis Matriks TOWS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi eksternal kopia karanji Gorontalo berada pada posisi baik dengan total nilai 2.4747 yang berarti (industri kopia karanji) dalam hal strategi daya saing telah memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalisir ancaman. Total skor peluang lebih besar daripada total skor ancaman (y > 0) dengan selisih total skor ancaman-peluang sebesar 1.2602. Sedangkan dari sisi internal industri kopia karanji Gorontalo juga berada pada posisi baik dengan total nilai 3.2332 yang berarti (industri kopia karanji) dalam hal startegi daya saing telah mengoptimalkan untuk menfaatkan kekuatan untuk mengurangi kelemahan. Total skor kekuatan lebih besar daripada total skor kelemahan (x > 0) dengan selisih total skor kelemahan-kekuatan sebesar 0.6084. Berdasarkan hasil dari analisis matriks SPACE industri kopia karanji berada pada posisi Kuadran I (Strategi Agresif) dengan menerapkan strategi market penetration, market development, product development, dan concentric diverification.



DOI: https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis