Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan

Rismawati Hamid, Djoko Lesmana Radji, Yulinda L. Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Empathy Terhadap Minat Kunjungan Ulang Resto Red Black Gorontalo, (2) Pengaruh Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Resto Red Black Gorontalo, (3) Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Resto Red Black Gorontalo. Baik secara parsial maupun simultan. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda (karena lebih dari 1 variabel bebas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) Empathy tidak berpengaruh signifikan Terhadap Minat Kunjungan Ulang, (2) Responsiveness berpengaruh signifikan Terhadap Minat Kunjungan Ulang dan secara simultan variabel bebas (Empathy dan Responsiveness) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Minat Kunjungan Ulang Resto Red Black Gorontalo). Kemudian nilai R square adalah sebesar 0,576. Nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 57,6% variabel Minat Kunjungan Ulang Resto Red Black Gorontalo dapat dijelaskan oleh Empathy dan Responsiveness, sedangkan sisanya sebesar 42,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Empathy, Responsiveness, Minat Kunjungan Ulang

References


Baker, Dwayne A. dan John L. Crompton. 2000. “Quality, Satisfaction, and Behavioural Intentions” dalam Annals of Tourism Research, Vol 27, No 23. Great Britain: Elsevier.

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hanggraningrum, Maya Dewi, Tita Hariyanti, Achmad Rudijanto. 2017. The Effect of Service Quality on Outpatient Satisfaction of Dr. Soegiri General Hospital Lamongan. Journal of Applied Management (JAM). Vol. 15, No.4.

Japarianto, Edwin. 2019. Pengaruh Retail Service Quality Terhadap Minat Berkunjung Ulang Mall Di Surabaya Melalui Perceived Quality dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 13 No. 1, Hal 17-26.

Juliana. 2019. Analisis Pengaruh Brand Image, Service Quality dan Price Terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen. Vol. 8 No. 9, Hal 5867-5886.

Kotler, Phillip, Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maftuhah , Ida, Tanisah. 2015. The Effects of Service Quality, Customer Satisfaction, Trust and Perceived Value Towards Customer Loyalty. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 6 No. 1, Hal 55-61.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (1998), SERVQUAL: a multiple item scale for Measuring consumer perceptions of service quality, Journal of Retaling, Vol. 64 No, 1, pp. 12-40.

Rahayu, Maria Putri. Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi pada Pengunjung Museum Affandi Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Raswendo. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Puti Minang Raja Basa Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri, Raden Intan Lampung.

Rusdin. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Tadulako. Jurnal Katalogis. Vol 5 No.1, Hal 65-77.

Sarwono, 2007 Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Yogyakarta : Andi Offset

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks

Schiffman, Leon G., Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.

Shadily, Hassan. Pemimpin Redaksi. 1987. Ensiklopedi Indonesia. Jilid 4. Jakarta: P.T. Ichtiar Baru – Van Hoeye.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA.

Suwaldiman, Afuan Fajrian Putra. 2014. Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Akuntansi Dalam Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 15, No.9.

Tandhia, Merry. 2016. Peningkatan Reliabilitas , Daya Tanggap dan Jaminan Pada Kualitas Layanan Starindo Healthy Group. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol 1 No. 1, Hal 1-8.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy, Anastasia Diana. 2002. Total Quality Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta. Andy Offset.

Tjiptono, Fandy, Ph. D. & Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: C.V ANDI.




DOI: https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis