ANALISIS PENATAAN RUANG PARKIR PASAR CENTRAL KOTA GORONTALO
Abstract
Permasalahan parkir sangat penting untuk dikaji lebih mendalam, karena hampir semua aktivitas kegiatan diruang terbuka memerlukan sarana tempat parkir. Ruang parkir yang dibutuhkan harus tersedia secara memadai. Sebab dengan semakin besar volume lalulitas yang beraktivitas baik yang meninggalkan atau menuju pusat kegiatan, maka semakin besar pula kebutuhan ruang parkir. Untuk mengkaji permasalahan tersebut, maka fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi perilaku lalulintas terutama kendaraan yang berkunjung ke Pasar Sentral dan memerlukan parkir. Selanjutnya penganalisis langkah pemecahan masalah parkir dan menentukan konsep penataan ruang parkir yang aman dan nyaman. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode yaitu : 1). Metode penelitian lapangan (Field Research Method) yaitu pengamatan langsung pada lokasi untuk melihat kondisi fisik; 2) Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research Method). Analisis data dilakukan dengan cara diskriptif dengan memberikan gambaran terhadap lokasi melalui identifikasi terhadap variabel-variabel antara lain analisis karakteristik parkir dan penataan ruang parkir yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Hasil penelitian adalah karakteristik parkir di Pasar Sentral Gorontalo yang meliputi volume, akumulasi dan kapasitas parkir diperoleh temuan bahwa : 1). Volume parkir puncak tertinggi oleh pembeli / pengunjung terjadi pada hari minggu dengan mobil 98 kendaraan, bentor 142 kendaraan dan sepeda motor 237 kendaraan; 2). Akumulasi parkir puncak tertinggi terjadi pada hari minggu pukul 10.00-13.00 oleh pembeli / pengunjung dengan akumulasi 58 mobil per jam, 82 bentor per jam, 187 sepeda motor per jam; 3) Kapasitas parkir tertinggi oleh pembeli/pengunjung terjadi pada hari sabtu, yaitu untuk kendaraan mobil 37 kendaraan per jam, bentor 19 kendaraan per jam, dan sepeda motor 39 kendaraan per jam. Bentuk yang cocok untuk kegiatan parkir di pasar sentral Gorontalo adalah bentuk parkir 90odan bentuk parker sudut dengan kemiringan 45o. Demikian juga untuk konsep pola parkir dan penataannya dapat dibedakan atas : 1) parkir untuk pengunjung harus muda dicapai dan dekat dengan jalan sebagai akses utama; 2). Parkir pengelola harus dipisahkan dengan parkir pengunjung; 3) parkir hendaknya dapat dipisahkan berdasarkan jenis kendaraan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.