PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM, SISTEM PERIODIK, DAN IKATAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI I TALUN KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2006/2007

Hayuni Retno Widarti, Aman Santoso, Lutfi Nur Azizah

Abstract


Pendidikan memegang peranan penting dalam era globalisasi sehingga perlu dilakukan perubahan dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Upaya pembaharuan
dalam bidang pendidikan dilakukan melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). KBK mengarahkan pada proses pembelajaran konstruktivistik agar siswa dapat membangun pengetahuannya
melalui serangkaian proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mengacu pada proses pembelajaran konstruktivistik adalah model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase. Tujuan penelitian
adalah mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian
menggunakan rancangan eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Talun pada tahun ajaran 2006/2007. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas
kontrol yang diambil secara acak kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dimana rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Learning Cycle 5 Fase lebih tinggi (81,13) daripada dengan pembelajaran konvensional (74,53).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.