MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA
Abstract
Rendahnya daya serap siswa pada pelajaran kimia di SMA terlihat dari hasil evaluasi belajar siswa. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya kondisi pembelajaran yang masih
bersifat konvensional dan kurang menggali aspek kemampuan siswa. Proses pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) dan kurang memberikan peluang bagi siswa untuk
berkembang secara mandiri melalui belajar penemuan dan proses berpikirnya. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) tipe Student TeamAchievement Division (STAD) merupakan salah
satu model yang dapat meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik pada pembelajaran kimia dan dapat bekerja sama dengan baik
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, tipe STAD, pembelajaran kimia
bersifat konvensional dan kurang menggali aspek kemampuan siswa. Proses pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) dan kurang memberikan peluang bagi siswa untuk
berkembang secara mandiri melalui belajar penemuan dan proses berpikirnya. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) tipe Student TeamAchievement Division (STAD) merupakan salah
satu model yang dapat meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik pada pembelajaran kimia dan dapat bekerja sama dengan baik
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, tipe STAD, pembelajaran kimia
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.