KEBUTUHAN TOKOH DALAM NOVEL CINTA 2 KODI KARYA ASMA NADIA (TINJAUAN PSIKOLOGI ABRAHAM MASLOW)

Fitriyanti Isini, Herman Didipu, Zilfa Achmad Bagtayan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan fisiologis, keselamatan, rasa cinta dan rasa memiliki, harga diri dan perwujudan diri tokoh dalam novel Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Kartika, Farid, Aryani dan Bagja telah mencapai tingkatan kebutuhan tokoh menurut teori tingkatan kebutuhan Abraham Maslow yang terdiri atas, (1) kebutuhan fisiologis tokoh berupa kebutuhan makan, minum dan istirahat (2) kebutuhan akan keselamatan berupa kebutuhan akan perlindungan, ketenteraman (3) kebutuhan rasa cinta dan rasa memiliki berupa kebutuhan memberi dan menerima cinta antara suami, istri, orang tua dan anak (4) kebutuhan harga diri berupa penghargaan dari orang lain dan penghargaan dari dalam diri (5) kebutuhan perwujudan diri tokoh berupa prestasi dan pencapaian dalam kehidupan, kesenangan memiliki benda tertentu, pemaksimalan potensi dan keilmuan yang dimiliki serta keinginan menjalani hidup dengan penuh kepuasan batin.


References


Afriansyah, Ade Nora. 2016. Analisis Pemenuhan Hierarki Kebutuhan Tokoh Merry Riana Dalam Novel ”Mimpi Sejuta Dolar” Karya Alberthiene Endah: Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Skripsi. FKIP Universitas Mataram: Program Studi Pendididkan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.

Ahmadi, Anas. 2019. Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti.

Dewi, Trie Utari, dkk. 2018. Psikologi Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Ok ky Madasari: Kajian Psikologi Humanistik. Imajeri. 01 (1). 69.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress

Fitriani, Reli. 2017. Analisis Psikologi Tokoh “Aku” Dalam Novel Bunda Lisa Karya Jombang Santani Khairen Menggunakan Teori Humanistik Abraham Maslow Serta Kaitannya Dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. FKIP Universitas Mataram: Program Studi Pendididkan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.

Nadia, Asma. 2017. Cinta 2 Kodi. Depok: AsmaNadia Publishing.

Nur, Hikmah. 2015. Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Humanika. Vol. 3(15).

Rafiek. 2013. Pengkajian Sastra: Kajian Praktis. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.