PENGUATAN KELOMPOK UMKM BERBASIS MODAL SOSIAL DI DESA HUANGOBOTU KECAMATAN KABILA BONE

Rudy Harold

Abstract


Potensi sumber daya laut yang melimpah terkadang masih belum dapat memberikan manfaat ekonomi yang optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai yang bermukim di wilayah perairan Teluk Tomini. Untuk itu diperlukan tidak hanya modal ekonomi dan teknologi tapi juga modal sosial untuk menciptakan kerjasama yang efektif dalam mengoptimalkan dampak ekonomi kekayaan sumber daya laut bagi masyarakat pesisir pantai di Teluk Tomini.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kerjasama dari beberapa pihak yang terlibat dalam proses produksi dan pemasaran produk makanan dari bahan hasil tangkapan nelayan di sekitar Desa Huangobotu melalui pengembangan modal sosial dalam bentuk jaringan, norma dan kepercayaan. Adapun metode yang digunakan yakni dengan terlebih dahulu melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan UMKM selama ini dalam membentuk dan mengembangkan potensi modal sosial yang dimiliki. Hasil dari analisis itu kemudian menjadi materi dalam melaksanakan kegiatan FGD yang diharapkan dapat menjadi ruang percakapan untuk lebih mengoptimalkan potensi modal sosial untuk memperkuat kerjasama dari berbagai pihak dalam mendukung proses produksi dan pemasaran UMKM di Desa Huangobotu.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Prof. Dr. Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azhari, F. 2018. “Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Jaringan Usaha Kecil Menengah.” Jurnal Administrasi Bisnis 59(1):1–77.

Djamaludin Ancok. 2003. “Modal Sosial Dan Kualitas Masyarakat.” Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 59.

Dra. Ny. S. Rachmatun Suyanto. 2007. Budidaya Ikan Lele (Ed. Revisi). DEPOK: Penebar Swadaya.

Huang. 2010. “Solidaritas Sosial Masyarakat Nelayan Terhadap Aktivitas Penangkapan Ikan Di Kelurahan Palabuhanratu Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.” 9(1):76–99.

John Field. 2003. Modal Sosial. edited by john field. London: Kreasi Wacana.

Koniyo, Y. 2015. “Pesisir Dan Potensi Sumberdaya Perikanan Tangkap Di Kabupaten Bone Bolango,” in Seminar Nasional Perikanan Dan Kelautan V, ed. Abu Bakar Sambah (Malang: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, 6–12.

Kusumastuti, Ayu. 2016. “Modal Sosial Dan Mekanisme Adaptasi Masyarakat Pedesaan Dalam Pengelolaan Dan Pembangunan Infrastruktur.” MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi 20(1). doi: 10.7454/mjs.v20i1.4740.

Meranti, Kabupaten Kepulauan. 2021. “Modal Sosial Petani Keramba Ikan di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.” 8:1–14.

Saidang, Saidang, and Suparman Suparman. 2019. “Pola Pembentukan Solidaritas Sosial Dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2):122–26. doi: 10.33487/edumaspul.v3i2.140.

Sangadji, Etta Mamang, dan S. Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Savira, Fitria, and Yudi Suharsono. 2013. Modal Sosial Dalam Pengembangan Di Desa Wisata Tembi Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Vol. 01.

Sugiyono, Prof. Dr. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto Usman. 2018. Modal Sosial. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).




DOI: https://doi.org/10.34312/damhil.v2i2.17089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Rudy Harold

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.