Pemberdayaan Santri TPQ tingkat SMP dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Tambakrejo Gayaman Mojokerto

Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok, Achmad Fandi Bastian, Emilia Damayanti, Imam Wahyudi

Abstract


Pemberdayaan peserta didik bertujuan untuk meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur'an agar menjadi peserta didik yang baik yaitu meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur'an agar mampu membaca Al-Qur'an dengan benar dan sesuai kaidah membaca Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an dengan benar dan sesuai kaidah membaca Al-Qur'an merupakan hal paling mendasar yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam suatu lembaga pendidikan. Maka dari itu, strategi dan metode membaca harus diperhatikan agar hasilnya sesuai dengan tujuan membaca Al-Qur'an yaitu bernilai ibadah. Peserta didik TPQ jenjang SMP merupakan salah satu wadah alternatif untuk memberi contoh kepada peserta didik lainnya agar menjadi pembentuk generasi peserta didik yang baik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan memberikan contoh membaca Al-Qur'an dengan tartil, lancar, baik dan benar. sehingga dapat menjadi panutan bagi generasi peserta didik lainnya.

Keywords


Empowerment; TPQ santri; reading the Al-Qur'an

Full Text:

PDF

References


Dina Maula Bahari, F. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an : Implementasi Komprehensif Metode Tartila Untuk Keunggulan Siswa. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 2503-350.

Gafur, A., Nurhasan, Switri, E., & Apriyanti. (2023). Pentingnya Ilmu Tajwid dalam Mempelajari Al-Qur'an. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13337-13343.

Handayani, K. N., & Dianingrum, A. (2023). A Review of the Role of Intermediate Partners in the Community Participatory Mapping Project at Slum Upgrading Settlement. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1188(1). doi: 10.1088/1755-1315/1188/1/012024

Hasanah, N., & Habibi, M. N. (2024). Systematic review : metode pembelajaran dalam materi ilmu tajwid al- qur'an hadits siswa madrasah tsanawiyah di indonesia systematic review: teaching method in tajweed discipline of al- qur' an hadits for madrasah tsanawiyah student in indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 147-158.

Ilhamuddin, M. F., Naqiyah, N., Rifqi, A., Setiawan, A. C., Andari, S., Bimbingan, J., "¦ Surabaya, U. N. (2021). PEMBERDAYAAN PENJAHIT MASKER KAIN ANTI COVID-19 DI KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Abdi, 7(1), 67-72. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/view/10089/5869

Irzam, I., & Nisa, S. (2024). Peran Orangtua dalam Mendukung Keberhasilan Akademik Anak di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. Alsys, 4(4), 329-337. doi: 10.58578/alsys.v4i4.3164

Nurjanah, S., Mustafa, M., & Johan, S. A. (2023). Teori Dan Model Bagi Proses Pengajaran Dan Pembelajaran (PdP) Hifz Al-Quran: Satu Tinjauan Literatur. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, (February). doi: 10.55057/ajress.2023.5.4.19

Restu, Y. M., Permana, M. D., Zaenudin, U., & Mubarok, H. (2024). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Pemuda Kampung Nyantong Sukaratu Tasikmalaya. Setyaki:Jurnal Studi KeagamaanIslam, 2(2), 48-54.

Rezyika, I., & Alimni, A. (2023). Strategi Pembelajaran Tahfizh dalam Meningkatan Kemampuan Membaca, Menghafal dan Menulis Al-Qur'an dengan Menggunakan Media Buku Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) siswa kelas VIII Di MTsN 1 Kota Bengkulu. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 121-129. doi: 10.24815/jimps.v8i2.23917

Roziqin, A. K. (2023). Sejarah dan Proses Kodifikasi Qiraat Sab'ah: Melacak Warisan Penting Dalam Tradisi Membaca al-Qur'an. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur'an Dan Hadist, 6(2), 210-225.

Sappaile, B. I., Rachman, A., Pujowati, Y., & Saputra, A. M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Mobile Apps Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Journal on Education, 06(01), 4282-4294. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3567%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/3567/2958

Solihat, I., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Efektivitas Manajemen Majelis Taklim Dalam Peningkatan Literasi Al-Qur'an Masyarakat (Studi Di Majelis Taklim Assyifa Dan Majelis Taklim Riyadhussolihin Kota Serang). Innovative: Journal Of Social Science, 3(3), 3427-3439. Retrieved from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5265




DOI: https://doi.org/10.37905/damhil.v3i2.28487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok, Achmad Fandi Bastian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.