Peran Orang Tua dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Berkebutuhan Khusus SLBN Cileunyi

Nimas Kumala Hayu, Putri Anditasari

Abstract


Dalam perspektif Islam, anak merupakan amanah dari Allah SWT bagi kedua orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua berkewajiban untuk melindungi dan mendidik anak-anaknya agar tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia, terutama bagi anak berkebutuhan khusus karena anak yang berkebutuhan khusus tersebut memerlukan penanganan yang ekstra khusus dalam mengasuhnya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif melalui teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengkaji tentang seberapa besar peran orang tua dalam pembentukan akhlak mulia anak berkebutuhan khusus di SLBN Cileunyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat besar dan penting dalam pembentukan akhlak mulia anak berkebutuhan khusus dan lingkungan khususnya sekolah juga memiliki pengaruh yang mendukung dalam penguatan akhlak mulia yang telah terbentuk di rumah. Anak-anak berkebutuhan khusus juga menunjukkan adanya perubahan signifikan setelah dibiasakan ajaran untuk berakhlakul karimah.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus, Pembentukan Akhlakul Karimah, Peran Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Albima, dkk. (2024). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal, 7(2).

Arifin, A. (2003). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Departemen Agama RI.

Dasmiah. (2021). Model Manajemen Pelayanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Deepublish.

Desriani, Y. dkk. (2019). Burden of Parents in Children With Disability At Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Nurseline Journal, 4(1), 22.

Ginanjar, M. H. (2013). KESEIMBANGAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02.

Hapsari, M. I. (2015). Identifikasi Permasalahan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus dan Penanganannya. Jurnal Psycho Idea, 13(1), 2.

Harahap, N. R., & Wulandari, P. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTS Islamiyah Petangguhan. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Sahir, L. D. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Autis Melalui Strategi Pembelajaran Musik di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Gedongkuning Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ya’qub, H. (1996). Etika Islam Pembinaan Akhlakul Karimah Suatu Pengantar. CV. Diponegoro.

Yusuf, M. H. A. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH BERBASIS LEARNING BY DOING PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi pada Sekolah Alam Perwira dan SD Purba Adhi Suta Kabupaten Purbalingga).




DOI: https://doi.org/10.37905/damhil.v4i1.30820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Nimas Kumala Hayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.