Menumbuhkan Karakter Humanis melalui Aktualisasi Sila Kedua Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari pada Siswa Kelas VI SDN Percobaan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustriani, L., Verdha, L., Fajar, M., Inshi, M., Farihin, M., Salman, M., … Herdiana, D. (2022). Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Permainan Kerjasama Tim kepada Anak-anak. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 150. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4765
Arifin, R., & Lestari, L. E. (2019). Penegakan Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Di Indonesia Dalam Konteks Implementasi Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 5(2), 12. https://doi.org/10.23887/jkh.v5i2.16497
Aziz, G. V. Al, Ningsih, L., Pangestu, D. A., & Nuha, N. U. (2022). Participatory Action Research : Pembentukan Karakter Anak Jalanan Melalui Penguatan Religius. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.46773/djce.v1i1.292
Dwiputri, F. A., Anggraeni, D., Guru, P., Dasar, S., Kunci:, K., Pancasila, N.-N., … Karakter, P. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1097
eka erviana vivi, Tri Setiyoko, D., & Moh, T. (2023). Analisis Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 57–64. Diambil dari https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.529
Indriani, J., Aisyah, N., & Trisno, B. (2024). Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia. KONSENSUS : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1(4), 104–114. Diambil dari https://journal.appisi.or.id
Kamdani, Jannah, M., & Radhani, N. (2025). Pancasila Sebagai Dasar NKRI. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3, 975–979. Diambil dari https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi
Novembri, R. (2022). Implementasi Nilai Kemanusiaan bagi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1126
Rahmadhani, A. D. N., Jannah, A. C., & Fadhila, R. N. (2023). Implementasi Nilai Pancasila Sila Ketiga Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Indigenous Knowledge, 2(5), 388–394. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/indigenous/article/viewFile/81849/pdf
Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Lingkungan Sekolah. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 80–91. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/268/265
Wulandari Kusuma Erlina, Rahmawati Fadila Nency, & Dianti Rahma Dwi Rossa. (2023). Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa dan Praktiknya dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Indigenous Knowledge, 2(6), 459–460. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/indigenous/article/view/82296
DOI: https://doi.org/10.37905/damhil.v4i1.32036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dhiaul Azkiya, As-Sifa Pebrianti, Intan Fajriana Putri Halmahera, Azzahra Nur Azizah, Devi Raisa Fauziah, Shabrina Nazla Ingga Jayasti, Emir Zaygh, Fajar Ubaidillah, Muhammad Anwar Musyaddad, Muhammad Iswadi Idris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.