SISTEM INFORMASI PELAYANAN PENGADUAN MAHASISWA BERBASIS ANDROID

Ilham Noval Niati, Lillyan Hadjaratie, Tajuddin Abdillah

Abstract


Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Gorontalo. Dengan banyaknya mahasiswa, mendorong UNG untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.  Salah satu kualitas yang perlu ditingkatkan adalah kualitas layanan akademik bagi mahasiswa. Layanan akademik terdiri dari layanan BAKP (Biro Akademik Mahasiswa dan Perencanaan), layanan keuangan dan layanan sarana dan prasarana atau Sarpras. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sistem informasi pengaduan layanan akademik dan sistem yang sedang berjalan serta merancang Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Mahasiswa Berbasis Android agar mempermudah mahasiswa serta BAKP untuk mengadukan dan merekap aduan yang telah diselesaikan. Pada sistem ini menggunakan metode waterfall yg memiliki 5 tahapan antara lain Analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, dan penerapan program serta pemeliharaan hasil penelitian ini agar dapat mempermudah mahasiswa dan BAKP dalam melakukan aduan juga merekap aduan-aduan mahasiswa yang masuk, sehingga bisa dijadikan laporan penyelesaian dan juga menampung apa yang menjadi aspirasi mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Pressman, R.S. (2010). Software Engineering. New York : Raghothaman Srinivasan.

Raudah dan Sebayang Nuriana Ayu. (2020). Perancangan Aplikasi Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat Dalam Layanan Kantor Perumnas Berbasis Web (Studi Kasus : Kantor Perumnas Griya 1 Martubung Medan Labuhan). Jurnal Informasi Komputer Logika, Vol 1 No.4

Suryawan, I. G. T dan Handika, I. P. S. (2018). Rancang bangun sistem pengaduan layanan akademik STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal SINTECH, Vol 1(2), 121-133

Udjang, R dan Subarjo. (2019). Analisis tingkat kepuasan mahasiswa pada kualitas layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. JPSB, Vol 7(1), 64-75




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.12406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.