SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BARBERSHOP BERBASIS WEB MOBILE

Wahyudi Satria Ginoga, Moh. Hidayat Koniyo, Nikmasari Pakaya

Abstract


Baxter Barbershop Gorontalo merupakan tempat potong rambut pria yang ada di Kota Gorontalo yang melayani jasa potong rambut kurang lebih 25 (dua puluh lima) pelanggan dan bertambah tiap harinya. Selain layananya tersebut baxter barbershop juga menjual produk untuk perawatan rambut seperti vitamin rambut, dan hair tonic serta produk penampilan rambut seperti pomade, clay dan minyak rambut. Dalam pengolahan datanya, Baxter Barbershop masih menggunakan sistem manual dengan memanfaatkan formulir formulir pencatatan keuangan. Tercecernya formulir seperti nota, kwitansi dan invoice mengakibatkan hilangnya data dalam pembukuan pendapatan jasa dan penjualan barang. yang kurang terkontrol serta penyimpanan data yang kurang baik mengakibatkan informasi yang di hasilkan kurang optimal menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pihak Baxter Barbershop. Tujuan dari peneletian ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Akuntansi Barbershop berbasis Web Mobile. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah sistem diharapkan dapat membantu pihak barbershop dalam menyediakan informasi mengenai pendapatan dan penjualan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak Barbershop Baxter untuk kegiatan operasional usaha dan pencatatan akuntansi yang lebih efisien.


Full Text:

PDF

References


Chandra, B., & Poerbo, H. (2019). Sistem Informasi Akuntansi Berbasis WEB pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja. KURAWAL, Vol. 2, No. 2.

Mustapa, M. S., Suhada, S., & Kaluku, M. A. (2020). Aplikasi Pemesanan Jasa Barbershop Berbasis Android. DIFFUSION, Vol. 1, No. 1.

Ladjamudin, A.-B. B. (2005). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Puhi, N. P., Abdillah, T., & Pakaya, N. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan kayu di UD.Mandiri Berbasis WEB. DIFFUSION, Vol. 1, No. 2.

Saputri, A. E., & Utomo, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Karyawan Pada Coolio Barbershop Cabang Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, Vol. 2, No. 1.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th ed.). Boston: Addison-Wesley.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.12408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.