ANALALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEBERMANFAATAN SISTEM PADA SIMDA KEUANGAN

Mahmud Suma, Lanto Ningrayati Amali, Agus Lahinta

Abstract


Terwujudnya Good Governance dalam penyelenggaraan otonomi daerah dala pengelolaan keuangan daerah perlu diselenggarakan secara profesional, terbuka dan bertanggung jawab sesuai dengan aturan pokok yang telah ditetapkan dalam undang-undang. Model Delone and McLean merefleksikan ketergantungan dari enam pengukuran kesuksesan sistem informasi dimana penelitian ini hanya mengacu kepada empat pengukuran yang di kemukakan oleh DeLone and McLean antara lain, information quality, system quality, service quality dan net benefits. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kebermanfaatan sistem serta faktor-faktor yang mempengaruhi kebermanfaatan sistem pada SIMDA Keuangan. Pendekatan kuantitatif riset kausal, digunakan dalam penelitian ini. Dengan melibatkan 33 Operator yang berada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai responden. Hasil menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas sistem berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manfaat bersih. Sedangkan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat bersih. Faktor mempengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem di sebabkan aplikasi yang selalu di kunci dan hanya dibuka setiap tanggal pelaporan atau di akhir tahun serta operator yang tidak tetap atau selalu diganti. Untuk kualitas layanan yang berpengaruh positif disebabkan pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna SIMDA Keuangan di setiap OPD.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E.Y dan Irviani, R. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Badan Keuangan Provinsi Gorontalo. 2015. Panduan ringkas penatausahaan simda keuangan bagi bendahara pengeluaran. Gorontalo: Badan Keuangan Prov. Gorontalo.

DeLone, W. H dan McLean, E. R. 2003. The DeLone and McLean Model of Information system success: A Ten-Year Update. Journal of Management informasi systems, Vol. 19, No. 4, pp. 9-30.

Hardika, P. 2017. Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pengguna sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) pada pemerintahan kabupaten mukomuko, bengkulu. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Muhammadiya Yogyakarta.

Ikhsani, D. W dan Yusuf, M. 2018. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Sistem Serta Pengaruh Pengguna sistem dan Kepuasan Pengguna Sistem Terahadap Net Benefit SIPKD (Studi Pada OPD Kabupaten Wonogiri). Jurnal Magisma, Vol 6, No. 2, pp. 20-30.

Jumardi, R., Nugroho, E dan Hidayah, I. 2015. Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. SNATI, pp. 7-13.

Ladjamudin, Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oktavia, D. D., Saraswati, E dan Baridwan, Z. 2016. Kesuksesan Implementasi SIMDA untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Pemerintah. Jurnal Riset dan Aplikasi : Akuntansi dan Manajemen, Vol. 2, No. 1, pp. 1 - 16

Permadi, A. 2017. Pendekatan model Delone dan Mclean dalam kesuksesan implementasi sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) keuangan. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Putri, I. 2018. Analisis kesuksesan implementasi sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) Keuangan Kabupaten Pelalawan menggunakan Model Delone and MCLEAN. Skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Radityo, D dan Zulaikha. 2007. Pengujian Model DeLone and McLean dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus). SNA. Vol, 5, pp. 1-25.

Rangkuti, F. 2010. Analisis SWOT Teknik Informasi Mahasiswa di Palembang menggunakan Model UTAUT. SNATI. Vol. 1, pp. 1-5.

Sudarmadi. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tan, D., Suyatno dan Aliyah, S. 2015. Pengujian Kesuksesan Sistem Informasi Model DeLone dan McLean pada Sektor Publik. University Research Colloquium, pp. 111 – 122.

Wisudiawan, G. A. A. 2015. Analisis Faktor Kesuksesan Sistem Informasi Menggunakan Model DeLone and McLean. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Vol 2, No. 1, pp. 55-59




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.12440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.