PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Awaludin Madjidu, Muhammad Rifai Katili, Lanto Ningrayati Amali

Abstract


Data Kependudukan adalah data perseorangan dan/atau data agregat yang terstruktur sebagai hasil dari kegiatan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Kepemilikan dokumen kependudukan oleh penduduk yang ada di wilayah Kabupaten Bone Bolango masih terbilang minim, dikarenakan beberapa kendala diantaranya yaitu bahwa ada sebagian penduduk yang tempat tinggalnya terbilang cukup jauh dari kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bone Bolango. Hal ini membuat sebagian penduduk tersebut masih akan mengeluarkan biaya lebih untuk   pengajuan permohonan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem yang dapat memudahkan penduduk dalam pengajuan permohonan administrasi kependudukan serta dapat memudahkan aparat desa/kelurahan dalam pengelolaan data permohonan administrasi kependudukan  dengan menggunakan  aplikasi web yang dikembangkan untuk proses layanan administrasi kependudukan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan pengujian SUS (System Usability Scale). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem aplikasi dapat digunakan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta kantor pemerintahan desa/kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Bone Bolango dalam pengelolaan data administrasi kependudukan

Full Text:

PDF

References


Anugerah, P., dan Pujianta A. (2015). Sistem Infromasi Kependudukan Berbasis Web Dan Sms Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol 3, No. 1, Hal 313-321.

Aprilia I.H.N., Santoso P.I., dan Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale, Jurnal IPTEK-KOM, Vol. 17, No. 1, Hal: 31-38.

Arief, M.R. (2011). Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango.(2020). Data Jumlah Penduduk Kabupaten Bone Bolango. Gorontalo : Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango.

Hayat, E. A., Retnadi, E., dan Gunadhi, E. (2014). Perancangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web, Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol. 11, No.1, Hal: 1-9.

Laudon, K.C., dan Laudon, J.P. (2012). Management Information Systems: Managing The Digital Firm. Prentice Hall.

MADCOM. 2016. Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: C.V Andi.

Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Republik Indonesia. 2006. Undang-undang No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Republik Indonesia. 2013. Undang-undang No. 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahum 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Risdiansyah, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya Deni. Khatulistiwa Informatika, V(2), 86–91

Saputra, C., dan Effiyaldi. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Desa Kota Karang, Jurnal Manajemen Sistem Informasi, Vol. 2, No. 3, Hal. 592-609.

Tarigan, D.E. (2012). Membangun SMS Gateway Berbasis Web dengan CodeIgniter. Yogyakarta : Lokomedia.

Wati, M., dan Despahari, E. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan Di Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 2, No. 1, Hal. 47-54.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.12484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.