Sistem Informasi Pemetaan Dan Pengaduan di PDAM Kecamatan Telaga Berbasis Android

Noverita Rizki Ananda Usman Puhi, Moh. Ramdhan Arif Kaluku, Nikmasari Pakaya, Abd Aziz Bouty

Abstract


Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Telaga merupakan perusahaan yang bertugas melayani pelanggan. Pelayanan publik yang ada di Kabupaten Gorontalo Kecamatan Telaga misalnya pengaduan pelanggan di PDAM dilakukan melalui telepon ataupun dengan mendatangi langsung bagian pelayanan PDAM dan akan dilayani oleh petugas pelayanan pelanggan. Data pengaduan akan diinputkan ke sistem (server) secar a manual. Kemudian petugas menyerahkan surat perintah penanganan pengaduan kepada petugas piket teknik yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti ke lokasi yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pemetaan dan pengaduan berbasis Android. Pembuatan  aplikasi menggunakan Metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan tahapan menganalisis tahapan kebutuhan yang diperlukan, mendesain pemodelan rancangan yang akan dibuat, mengimplementasikan sistem informasi pemetaan dan pengaduan berbasis android untuk memudahkan pelanggan, melakukan testing untuk kelayakan aplikasi yang dibuat dengan munggunakan blackbox dan pemeliharaan aplikasi untuk mengontrol aplikasi dengan membuat pembaharuan atau peningkatan yang sesuai secara berkala. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat mengirim data pengaduan dan informasi layanan pelanggan ke server melalui perangkat yang mendukung yaitu Android mobile. Sistem ini dapat digunakan oleh operator, teknisi, dan pelnaggan PDAM khususnya pada PDAM Kecamatan Telaga. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mendasar dari

Full Text:

PDF

References


Bukhari, W. (2018). Aplikasi Informasi Pelanggan PDAM Kabupaten banyumas berbasis Android. Fakultas Teknik dan Sains UMPpada , 7. Pada http://repository.ump.ac.id/9927/1/Wiwit%20Bukhari_JUDUL.pdfdiakses (11 Februari 2021)

Najwaini, E., Pratomo, A., Arisanti, E. A., & Mariska, M. ( 2016). Aplikasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Android Pada PDAM Kota Banjarmasin. Jurnal POSITIF, Volume 2, No.1 , 21 - 27. pada https://ejurnal.poliban.ac.id /index.php Positif/article/view/312/, diakses (11 Januari 2021)

Nurani, & Eni. (2018). Landasan Teori Sistem Informasi. Sitem Informasi sistem , 1.pada https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/301

/File_14-Ban-II-Landasan-Teori.pdf, diakses (11 Januari 2021)

Oktavianti, G. (2018). Pengantar sistem informasi. Sistem Informasi , 2-5. Pada https://www.researchgate.net/publication/331672535_PENGANTAR_SISTEM_INFORMASI , diakses (11 Januari 2021)

Rahayu, & Mirna, P. (2019). Jenis-jenis Sistem Informasi dan Contoh Aplikasinya. Sistem Informasi , 2-3.Pada http://repository.ut.ac.id/3921/2/ADPG4442-M1.pdf, diakses pada (17 Januari 2021)




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.12771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology




Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.