SISTEM INFORMASI MITIGASI BENCANA BANJIR BERBASIS ANDROID PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA GORONTALO

Sri Mulyani, Muhammad Rifai Katili, Rampi Yusuf

Abstract


Mitigasi adalah segala upaya dan kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi dan memperkecil akibat-akibat yang ditimbulkan oleh bencana, yang meliputi kesiapsiagaan serta penyiapan kesiapan fisik, kewaspadaan dan kemampuan mobilisasi. Banyak permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan mitigasi bencana banjir yang ada di BPBD Kota Gorontalo seperti Penyampaian informasi mengenai peringatan dini banjir masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait peringatan dini banjir dan informasi banjir kepada masyarakat sehingga mempermudah pengelolaan mitigasi banjir yang ada di BPBD Kota Gorontalo. Adapun metode yang digunakan adalah metode pengembangan sistem dengan model prototype dimana tahapannya yaitu communication, quick plan and modelling quick design, contruction of prototype dan deployment delivery and feedback. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Mitigasi Bencana Banjir dapat mempermudah kinerja staf BPBD dalam pengelolaan mitigasi bencana banjir Kota Gorontalo, dalam hal ini sistem dapat menghasilkan informasi peringatan dini banjir, informasi banjir terbaru, jalur evakuasi, dan peta rawan banjir Kota Gorontalo serta sistem dapat menampilkan notifikasi peringatan dini banjir dan informasi banjir kepada. Pengujian sistem diuji dengan blackbox dan whitebox, dan sudah memenuhi kriteria sesuai dengan tujuan.

 

Kata kunci: sistem informasi; mitigasi banjir; berbasis android; prototype

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2008). Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nomor 3 Tahun 2008. Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Kemendagri. (2003). Pedoman Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengunsi Daerah Menteri Dalam Negeri. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131 Tahun 2003. Jakarta.

Khaerul, A. J. (2017). Rancang Bangun Sistem Pelaporan Mitigasi Bencana Berbasis Web Dengan Monitoring Model View Controller. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanudin.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. (2018). Sistem Informasi Mitigasi Bencana, dalam https://satulayanan.lapan.go.id/detail/19#info-tambahan, diakses 11 Januari 2021.

Lukmanudin, D., Yusuf, F., dan Lesmana, I. (2017). Sistem Informasi Mitigasi Bencana BPBB Kabupaten Kuningan Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, Vol. 11, No. 2.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 15, No. 6.

Murtiwiyati dan Lauren, G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Vol. 12, No. 2.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Pribadi, K. S., dan Yuliawati, AK. (2008). Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi Sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa, dalam http://jurnal.upi.edu/file/KRISHNA_S_PRIBADI_-_ITB.pdf, diakses pada 13 Januari 2021.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta: Sekretariat Negara.

Saputri, N. A. O. dan Halim, R. M. N. (2019). Aplikasi Peta Titik Rawan Banjir di Kota Palembang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 6, No. 4.

Sebastian, L. (2011). Pendekatan Pencegahan dan Penanggulangan Banjir. Dinamika Teknik Sipil, Vol. 8, No. 2.

Sumantri, L. (2014). Kajian Mitigasi Longsor dan Lahan Dengan Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh. Padang: Ikatan Geografi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.13424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.