ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI SKRIPSI DAN KERJA PRAKTEK (SISKP) JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Seftiyani Ishak, Moh. Hidayat Koniyo, Nikmasari Pakaya

Abstract


Sistem Informasi Skripsi Dan Kerja Praktek (SISKP) merupakan aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk membantu pengelolaan skripsi dan kerja praktek di Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna khususnya end user terhadap aplikasi SISKP. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Delone McLean. Variabel yang digunakan antara lain kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan kepuasan pengguna. Objek penelitian ini yaitu pengguna Sistem Informasi Skripsi dan Kerja Praktek yaitu dosen dan mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan pengambilan sampel secara acak (random). Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi berganda dan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebesar 56,1% Kepuasan Pengguna dipengaruhi oleh variabel Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Informasi dan sisanya 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. I. M. 2018. Analisis Pengaruh Quality of Information System dan Quality of Information Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) UNG Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Al-Fatah, H. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta, Andi.

Arthur., Eka., Andry., Robert., Abdurachman, E. (2008). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Underwriting Pada PT Tugu Pratama Indonesia. Jurnal Piranti Warta. 11(1), 28-44.

Baronas, A. M. K. dan Louis, M. R. 1988. Restoring a Sense of Control During Implementation : How User Involment Leads to System Acceptance. MIS Quarterly. March.

Bijith, M. dan Nilay, J. (2013). Re-examining and Empirically Validating the End User Computing Satisfaction Models for Satisfaction Measurement in the Internet Banking Context. International Journal of Bank Marketing. 31(6), 440-455.

Bodnar, G. H. dan Hopwood, W. S. (1995). Accounting Information System. Pretince Hall International, 6th Ed.

Chandrarin, G. dan Indriantoro, N. (1997). Hubungan Antara Partisipasi dan Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Berbasis Komputer: Suatu Tinjauan Dua Faktor Kontinjensi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia. 13(1).

Choe, Jong-Min. (1996). The Relationship Among Perfomance Of Accounting Information System, Influence Factors, and Evolution Level Of Information System. Journal Management Information System. 12(4), 2015-237. SprinPg.

Delone W. H., and McLean E. R. (1992). Information System Success: The Quest for the Dependent Variable. Information System Research, March, 60-95.

Delone W. H., and McLean E. R. (2003). “The Delon and Mclean Model Of Information System Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information System”. 19(4), 9-30.

Doll W. J., Xia., and Torkzadeh G. (1994). A Confirmatory Factor Analysis Of The End-User Computing Satisfaction Instrument. MIS Quarterly 18(4), 453-461.

Franz, C. R. dan Robey, D. (1986). Organizational Context, User Involvement and Usefulness of Information System. Decisions Science. 17(4).

Ginzberg, M. J. (1981). Early Diagnosis of Implementation Failure: Priomising Result and Unaswered Question. Management Sciences. 27(4). April.

Hunton, J. E., dan Kenneth, H. P. (1994). A Framework for Investigating Involvement Strategies in Accounting Information System Development. Behavioral Rese-arch in Accounting.Vol. 6. Personnel.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Terjemahan: Bobsabran). Edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Index.

Lawrence, M. dan Low, G. (1993). Explo-ring Individual User Satisfaction Within User Led Development. MIS Quaterly. June

McKeen D. J., Tor, G. dan James, C. W. (1994). The Relationship Between User Participation an User-Satisfaction: an Investigation of Four Contigency Factors. MIS Quarterly. 18(4), 427-451. December.

Muntoro, R. K. (1994). The User of Organization Behaviour Methods in The Deve-lopment of Computerized Accounting System in Indonesia: an Attitudial Survey. Ph. D. Disertation. Accountancy Develop-ment in Indonesia Publication.

Pikkarainen, K., Pikkarainen, T., Karjaluoto, H. dan Pahnila, S. (2008). The Measurement of End-User Computing Satisfaction of Online Banking Service : Empirical Evidence From Finland. International Journal of Bank Marketing. 24(3), 158-172.

Prayudi, D., Oktapiani, R. (2020). Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Dengan Model Delone Mclean. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi. 9(1), 22-28.

Rakhmadian, M., Hidayatullah, S., Respati, H. (2017). Analisis Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik Dosen. Seminar Nasional Sistem Informasi 2017, 665-675.

Restuningdiah, N. dan Indriantoro, N. (1999). Pengaruh Partisipasi Terhadap Pengembangan Sistem Informasi dengan Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem dan Pengaruh Pemakai Sebagai Moderating Variabel. Simposium Nasional Akuntansi II IAI-KAP.

Salim, M. I. (2014). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Perpustakaan Senayan Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Setianingsih, S. dan Indriantoro, N. (1998). Pengaruh Dukungan Manajemen Puncak dan Komunikasi Pemakai-Pengembang Terhadap Hubungan Partisipasi dan Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. 1(2). Juli.

Szajna, B. dan Scammel, R. W. (1988). The Effect of Information System User Expectation on the Perfomance and Perception. MIS Quarterly. December.

Tait, P. dan Vessey, I. (1998). The Effect of User Involvement on System Succes : A Contigency Apprach. MIS Quarterly. March.

Trihandayani, L. H., Aknuranda, I., Mursityo, Y. T. (2018). Penerapan Model Kesuksesan Model Delone dan McLean pada Website Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2(12), 7074-7082.

Yuniastari, N. L. A. K., Wiyati, R. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Online Stikom Bali. InfoSys Journal. 4(1), 13-22.

Zanaria, Y. (2017). Pengaruh Aplikasi Teknologi Accouting Report Terhadap Pencegahan Fraud Serta Implikasinya Terhadap Investor. Akuisis. 13(1), 91-100.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i1.13429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diffusion: Journal of Systems and Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.