Evaluasi Penerimaan Pengguna E-Trackom Menggunakan TAM pada BPOM

Asriyanti Poloka, Arip Mulyanto, Tajjudin Abdillah

Abstract


Dalam pengawasan terhadap produk obat dan makanan, BPOM Gorontalo mengembangkan sebuah aplikasi tracking obat dan makanan (e-trackom). E-trackom digunakan untuk memberikan kemudahan akses kepada konsumen. Namun aplikasi e-trackom belum banyak digunakan oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap penerimaan pengguna e-trackom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerimaan pengguna terhadap aplikasi e-trackom pada Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari empat variabel diantaranya Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Using dan Acceptance of System. Hasil penelitian dari tujuh hipotesis yang diajukan menunjukkan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness dalam penerimaan sistem e-trackom, perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using dalam penerimaan sistem e-trackom. Perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using dalam penerimaan sistem e-trackom. Perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap acceptance of system dalam penerimaan sistem e- trackom. Attitude toward using berpengaruh signifikan terhadap acceptance of system dalam penerimaan sistem e-trackom. Perceived ease of use dan perceived usefulness tidak secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap attitude toward using dalam penerimaan sistem e-trackom. Dan perceived usefulness dan attitude toward using secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap acceptance of system dalam penerimaan sistem e-trackom.

Kata kunci: Evaluasi; E-Trackom; Technology Acceptance Model.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran 1 Pengertian Evaluasi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2019). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses). @ is The Best: Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, 4(2), 106-120.

Jogiyanto, H. M. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Penerbit Andi Offset: Yogyakarta.

Mardlatillah, H. (2020). Evaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, 1(531415001).

Meha, R. H. (2019). Analisis kepuasan pengguna sistem informasi akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ramadhani, H., & Monalisa, S. (2017). Analisis Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Raport Menggunakan Metode TAM. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 65-69.

Wibowo, A. (2008). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.18208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asriyanti Poloka, Arip Mulyanto, Tajuddin Abdillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.