Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Prioritas Pembangunan Desa Dengan Metode AHP-TOPSIS

Maya Arfan, Rahman Takdir, Roviana H Dai, Mohammad Ramdhan Arif Kaluku

Abstract


Penilaian skor untuk rencana pembangunan baik itu untuk pembangunan fisik dan non-fisik desa (program dan kegiatan) dinilai berdasarkan pengkajian terhadap kriteria yang terdapat dalam skorsing prioritas RKPDes oleh Tim Penyusun RPJMDes/RKPDes, dimana alternatif yang mendapat skor paling tinggi akan akan dimasukkan dalam Rancangan RKPDes tahun berjalan. Penelitian ini bertujuan agar nilai terhadap pengkajian tidak hanya dilakukan untuk penilaian alternatif dan kriteria saja, tapi juga bisa berlaku antar kriteria satu sama lain. Nilai antar kriteria bisa dijadikan sebagai pembanding terhadap skorsing prioritas alternatif terhadap kriteria, adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution), dimana metode AHP yang berdasar pada matriks perbandingan pasangan dan melakukan analisis konsistensi terhadap kriteria, yang kemudian akan menggunakan TOPSIS untuk dapat menyelesaikan pengambilan keputusan berdasarkan nilai preferensi terhadap alternatif. Hasil dari penelitian ini ialah adanya sistem yang bisa memberikan nilai antara kriteria dan kriteria yang akan menjadi patokan penilaian antar alternatif dan kriteria, sehingga pembuatan keputusan terhadap penentuan prioritas rencana pembangunan desa ataupun kegiatan bisa dikaji secara menyeluruh.


Keywords


RKPDes, Alternatif, Kriteria, AHP, TOPSIS

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Bupati Gorontalo Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Daftar Kewenangan Lokal Berskala Desa

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 17 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Dan Pemberdayaan Manusia.

M. R. A. Kaluku and N. Pakaya, “Penerapan Metode AHP-Topsis untuk Mengukur Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pesisir,” Ilk. J. Ilm., vol. 12, no. 3, pp. 191–199, 2020, doi: 10.33096/ilkom.v12i3.652.191-199.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.18249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maya Arfan, Rahman Takdir, Roviana H Dai, Mohammad Ramdhan Arif Kaluku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.