Analisis dan Rekayasa Proses Bisnis Pengelolaan Ormawa Universitas Negeri Gorontalo

Salmawati Ibrahim, Arip Mulyanto, Salahudin Olii

Abstract


Proses bisnis pada pengelolaan ormawa Universitas Negeri Gorontalo, tidak berjalan secara optimal, terutama dalam hal pembentukan ormawa, penerbitan SK pengurus, pelantikan ormawa, pengajuan proposal kegiatan, pelaksanaan kegiatan, laporan pertanggungjawaban (LPJ), evaluasi kegiatan, serta reorganisasi. Hal ini mengakibatkan tidak optimalnya proses pengelolaan ormawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana analisis dan rekayasa proses bisnis dapat mengoptimalkan alur proses bisnis pengelolaan ormawa. Penelitian menggunakan metode peningkatan proses bisnis antara lain, process documentation, performance measurement, self assement and performance evaluation, improvement planning. Rekayasa proses bisnis dalam penelitian ini menggunakan salah satu dari teknik ESIA yakni proses automate (automatisasi) untuk menentukan aktivitas yang dapat di otomatisasikan dengan bantuan teknologi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat proses bisnis yang belum optimal, maka dengan adanya metode automatisasi, proses bisnis pengelolaan ormawa menjadi optimal, karena adanya aktifitas proses bisnis yang dilakukan melalui sistem informasi.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Ormawa, Peningkatan Proses Bisnis, Rekayasa Proses Bisnis, Teknik ESIA (Eliminate, Simplfy, Integrate, Automate).


Full Text:

PDF

References


Chandra, A., dan Hadi, Y. (2017). Analisis dan Rekayasa Proses Bisnis Pada Bagian Layanan Akademik di Sekretariat Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ma Chung. Jurnal Teknik Industri, Vol, 12, No. 3 September 2017.

Hamzah, U. Diwawancarai oleh penulis. (2021). Pembentukan Ormawa. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Magal, M.R, dan Word, J. (2012). Integrated Business Process with ERP Systems, New Jersey: Jhon Whiley & Sons.

Mahendrawathi. (2016). Analisis Proses Bisnis [PowerPoint slides]. Diakses dari https://slidetodoc.com/analisis-proses-bisnis-mahendrawathi-er-ph-d-purchasing/

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-performance analysis. Journal of marketing, 41(1), 77-79.

Peraturan Rektor (2021). Tata Kelola Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Negeri Gorontalo Nomor 1.

Raimondi, M. (2007). Business Process Reengineering: Redesign Process. Universita Carlo Cattaneo.

Rainer, R.K., Prince, B. dan Cegielski, C. (2013). Introduction to Information System: Supporting and Transforming Business, Hoboken New Jersey: Jhon Whiley & Sons.

Rama, dkk. (2009). Digital Library UPT Perpustakaan Institusi Teknologi Sepuluh November Surabaya. Tugas Akhir, Institusi Teknologi Sepuluh Nopember.

Rauf, (2015). Pelayanan Unit Kegiatan Mahasiswa Menggunakan Web Portal. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i1.18271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salmawati Ibrahim, Arip Mulyanto, Salahudin Olii

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.