Sistem Informasi Geografis Sebaran Penderita Stunting Berbasis Web di Kabupaten Pohuwato

Sahrul Gobel, Tajuddin Abdillah, Indhitya R. Padiku

Abstract


Abstrak

Adanya Perkembangan teknologi untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan banyak di manfaatkan di beberapa wilayah secara global, dalam halnya dalam teknologi yang menggunakan aspek keruangan atau geografis. Dalam halnya pemanfaatan dalam penyebaran suatu masalah gizi (stunting). Stunting (kerdil) adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur. Kurangnya informasi yang menampilkan dan merangkum data-data yang terjadi masalah gizi(stunting) di satu wilayah, belum adanya penyajian informasi dan data yang secara geografis penderita stunting di wilayah dari terendah hingga yang tertinggi dan upaya pencegahan dalam peningkatan angka stunting di kabupaten pohuwato. Tujuan dari penelitian ini yaitu Merancang Sistem Informasi Geografis Sebaran Penderita Stunting Berbasis Web di Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode GIS Development Guide. Hasil Penelitian ini diperoleh hasil akhir diharapkan bisa memberikan dan menentukan strategi penanganan stunting yang mampu memberikan solusi sebagai acuan untuk merancang strategi kebijakan yang tepat untuk menentukan work plan di Wilayah Kabupaten Pohuwato.

 

Keywords:  GIS Development Guide, Sistem Informasi Geografis, Stunting.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adil, A., & Kom, S. (2017). Sistem Informasi Geografis. Penerbit Andi.

Ariyanti, D., & Kartini, D. P. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Stunting di Kota Probolinggo Berbasis Android. Energy-Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 11(1)

Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Daerah. (2022). Data Stunting Kabupaten Pohuwato. dalam https://baperlitbang.pohuwatokab.go.id/indikator-kesehatan-pohuwato/. di akses pada tanggal 16 Juni 2022.

Buffalo. (2004). GIS development guide. Buffalo: Departement of Geography University of Buffalo. http://www.ncgia.buffalo.edu/ncgia/sara/volumei.pdf.di akses pada tanggal 11 Juni 2022.

Haras, R., N., (2019). S Sistem Informasi Georafis Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Mobile Web. Jurnal Teknik, 17(1), 19-27.

Herlambang, B. A., & Setyawati, V. A. V. (2016). Desain Sistem Informasi Geografis Pemetaan Gizi Buruk Di Kota Semarang. Jurnal Transformatika, 13(2), 59-66.

Iman, S. (2016). Sistem Informasi Pemantauan Status Gizi Balita dengan Visualisasi Geografis Berbasis Web. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Kemenkes, RI. (2021). Buku Saku Hasil Studi Kasus Gizi Indonesia (SSGI) tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten Kota. Jakarta.

Kemenkes, RI. (2018). Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi.

Luawo, N., P., A. (2018). Sistem Informasi Geografis Daerah Sebaran Penyakit Menular Di Provinsi Gorontalo. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Pido, M., N., F. Dkk (2023). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Vaksinisasi Covid-19 di Kota Gorontalo. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 3(1), 153-174.

Musa, H. & Rahmyanti (2021). Sistem Informasi Geografis Tempat Penampungan Sampah. Jurnal Teknik, 19(1), 32-41.

Mustapa, R. (2018). Prediksi Jumlah Penderita Penyakit Demam Berdarah Dengue Menggunakan Double Moving Average Pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Berbasis SIG. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Saputra, A., Dwanoko, Y. S., & Priana, A. J. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Penyakit Stunting Di Kabupaten Malang. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 2(4), 260-269.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.19775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sahrul Gobel, Tajuddin Abdillah, Indhitya R. Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.