ANALISIS KINERJA APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) MENGGUNAKAN METODE PIECES

Puput Pakaya, Resa Raupu, Mohamad Syafri Tuloli, Muthia Muthia

Abstract


Aplikasi LAPOR di Dinas Kominfo dan Persandian Kota Gorontalo merupakan satu-satunya sistem informasi pelayanan kepada masyarakat guna mengelola pengaduan dan aspirasi masyarakat Kota Gorontalo secara efektif dan terintegrasi. Namun dari awal diimplementasikannya aplikasi ini, belum pernah dilakukan evaluasi terhadap sistem tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui permasalahan serta kinerja pelayanan pada sistem.Pengujian dilakukan dengan evaluasi kinerja dari perspektif pengguna dengan menggunakan metode PIECES. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner, yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada 30 responden para pengguna aplikasi secara langsung. Hasil analisis sistem informasi aplikasi LAPOR menggunakan metode PIECES dari keseluruhan kategori mendapat kriteria baik, kategori dengan hasil tertinggi ada pada kategori Performance dan Economy, dan untuk kategori dengan hasil terendah adalah kategori Control / Security mendapat kriteria baik tetapi masih perlu ditingkatkan kinerja dari kategori tersebut karena sering terjadi error.Untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat serta meningkatkan kinerja aplikasi, maka diperlukan adanya perbaikan atau peningkatan kinerja pada sistem Control / Security secepatnya. Karena Sistem yang sering terjadi error akan sangat mempengaruhi kenyamanan penggunanya serta keamanan aplikasinya.

Kata kunci: analisis, kinerja sistem, Layanan pengaduan online, PIECES

 


Full Text:

PDF

References


Dwiyanto. 2019. Analisis Dan Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Smart Library Amikom Resource Centre Dengan Metode PIECES Framework, TIK ILMEU: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol.3(2), pp. 109-124.

Fattah, H.A.L. 2008. Analisis dan Perncangan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Kominfo.2011.”Sejarah”.https://kominfo.go.id/content/detail/457/sejarah/0/page, diakses pada 7 April 2022 pukul 11.19.

Kominfo.2020.”Visi dan Misi”.http://kominfo.gorontalokota.go.id/page/visi-dan-misi, diakses pada 7 April 2022 pukul 16.23.

Lapor . 2022.”Tentang Lapor”. https://www.lapor.go.id/tentang, diakses pada tanggal 28 April 2022.

Lapor. 2022.”Ketentuan Layanan”. https://www.lapor.go.id/Ketentuan, diakses pada tanggal 28 April 2022.

Nugraha, Rizal. Harsono, Ambar. Adianto,Hari. 2014. Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “ X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi kasusu di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Vol. 01 No. 03 Januari 2014: 221-231.

Nurjamiyah & Dewi, A.R. 2018. Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan Metode PIECES Pada Prodi Sistem Informasi STTH-Medan. Query: Jurnal Sistem Informasi, Vol.2(2).

Peraturan Walikota Gorontalo Tahun 2016 Tentang Kedudukan Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Gorontalo.

Ramadhani, Kusuma. 2018. PIECES Framework Untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika. Vol.4(2).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.19862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Puput Pakaya, Resa Raupu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.