Evaluasi Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Pajak Bumi Bangunan(SIM-PBB) Menggunakan Metode Human Organization Technology (HOT-FIT)

arini musa, Moh Hidayat Koniyo, Tajuddin Abdillah

Abstract


Sistem Informasi Manajemen Pajak Bumi Bangunan (SIM-PBB) adalah aplikasi yang terintegrasi yang ditunjang dengan penggunaan komputer untuk dapat mengolah institusi data objek dan subjek PBB mulai dari pengumpulan data, pemberian nomor identitas objek pajak (NOP), perekaman data, pemeliharaan basis data, pencetakan hasil keluaran, pemantauan penerimaan, pelaksanaan penagihan dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi tingkat penerimaan Sistem Informasi Manajemen Pajak Bumi Bangunan (SIM-PBB) menggunakan metode HOT-FIT model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode HOT-FIT dan SPSS merupakan alat uji statistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian pada 11 hipotesis, 10 diantaranya menunjukkan memiliki pengaruh positif dan berhubungan sedangkan pada penggunaan sistem terhadap manfaat(H9) memiliki pengaruh positif tetapi tidak mempunyai hubungan yang artinya hipotesis ditolak, dengan perolehan nilai MEAN dari keseluruhan indikator variabel mempunyai nilai sebesar 4,49 sehingga berada dikategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Abjul, Selfi T. (2022). Evaluasi tingkat keberhasilan implementasi sistem informasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) menggunakan metode hot-fit di Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Kuncoro, Mudrajad. (2013). Metode Kuantitatif; Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi keempat. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Laudon, Kenneth C.dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information Systems - Managing The Digital Firm.12th Edition. Pearson Prentice Hall.

Novianti, P. (2014). Penerapan Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) Sebagai Sarana Peningkatan Pelayanan dan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Makassar.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, Winda. (2023). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) Menggunakan Metode HOT FIT Model. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Siregar, Sofyan. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sujarweni. (2019). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Yusof, M. M., Kuljis, J., Papazafeiropoulou, A. and Stergioulas, L.K., (2008) An Evaluation Framework For Health Information Systems: Human, Organization and Technology-Fit Factors (HOT-FIT). Internatonal Journal Of Medical Informations, 77(6) , pp.386-38.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.19914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 arini musa, Moh Hidayat Koniyo, Tajuddin Abdillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.