Evaluasi Penerapan SIAT Menggunakan Model TAM dan HOT-Fit di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo

Sri Ayu Pangaiyan, Rampi Yusuf, Indhitya R. Padiku, Agus Lahinta

Abstract


Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT)  merupakan salah satu elemen penting dalam perguruan tinggi, sistem ini dapat memberikan kemudaham kepada mahasiswa, operator dan dosen di Universitas Negeri Gorontalo dalam kegiatan akademik secara online. mahasiswa  dapat melakukan kegiatan registrasi akademik sampai dengan pendaftaran wisuda di Universitas Negeri Gorontalo dengan melalui sistem tersebut. Pada penerapan SIAT masih terdapat kendala yang di alami oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi penerimaan dan kesuksesan dari penerapan SIAT. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan dua model evaluasi yaitu model TAM yang terdiri dari lima variabel dan HOT-Fit terdiri dari delapan variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi penerimaan terhadap penerapan SIAT dengan menggunakan model TAM berada pada kategori baik dengan nilai persentase 71.25% dan kondisi kesuksesan terhadap penerapan SIAT dengan menggunakan model HOT-Fit berada pada kategori baik dengan nilai persentase 73.59%.


Full Text:

PDF

References


Artikel jurnal:

Abda’u, P. D., Winarno, W. W., & Henderi. (2018). Evaluasi Penerapan SIMRS Menggunakan Metode HOT-Fit di RSUD dr. Soedirman Kebumen. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 46.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Handayani, T., & Sudiana. (2015). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada SITNAS Yogyakarta).

Yusof, M. M., Paul, R. J., & Stergioulas, L. K. (2006). Towards a framework for health informati on systems. Proceedings of the 39th Hawaii International Conference on System Sciences, 5(C), 1–10.

Buku :

Islamy, I. (2019). Penelitian Survei Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa Inggris.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.19915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Ayu Pangaiyan, Rampi Yusuf, Indhitya R. Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.