Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)

Hasda Damopolii, Rahman Takdir, Alfian Zakaria, Mukhlisulfatih Latief, Roviana H. Dai, Indhitya R. Padiku

Abstract


Pada tahun anggaran 2021-2022 Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) mendapat alokasi peningkatan kualitas sebanyak 110 unit dengan lokasi dikawasan kumuh yang ditetapkan pada SK Walikota tentang lokasi perumahaan dan pemukiman kumuh di Kota Gorontalo, yang meliputi 18 kecamatan yaitu Limba U satu, Pohe, Tenda, Tanjung kramat, Bugis, Leato selatan, Leato utara, Talumolo, Tamulabutao, Buliide, Dembe 1, Lekobalo, Pilolodaa, Tenilo, Heledulaa utara, Padebuolo, Dembe 2, dan Dembe jaya. permasalahan yang terjadi saat ini adalah tidak adanya metode pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak instansi sehingga dapat mengakibatkan kurang tepatnya penyaluran bantuan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya Berbasis Web di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Hasil penelitian ini diperoleh hasil akhir yang diharapkan bisa membantu Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Gorontalo dalam mengambil keputusan dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) menggunakan metode Multi Attribute Rating Technique.


Full Text:

PDF

References


Afandi, O. F. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Menggunakan Metode Simple Multi Attribut Rating Technique (SMART) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Narti, N., Sriyadi, S., Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1), 143-150.

Raisa, O., Sutisna, H., Alawiyah, T., & Surahman, M. (2019). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima BSPS Desa Ciawang Menggunakan Metode SMART. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(2).

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

Sastra, S., & Marlina, E. (2006). Perencanaan dan pengembangan perumahan. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tristianto, C. (2022). Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 12(1).

Wulandari, Cindi, et al. "Penerapan Metode Smart Pada Seleksi Penerimaan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Studi Kasus Kecamatan Lubuklinggau Timur Ii." Jurnal Ilmiah Betrik 12.02 (2021).




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.19939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasda Damopolii, Rahman Takdir, Alfian Zakaria, Mukhlisulfatih Latief, Roviana H. Dai, Indhitya R. Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.