Dashbaord Sistem Informasi Pemberdayaan Kawasan Hutan Berbasis Web

Iran N Rajanun, Rahman Takdir, Nikmasari Pakaya

Abstract


Berdasarkan data dari Bpkh Wilayah XV Gorontalo Tahun 2017, area hutan Provinsi Gorontalo tercatat seluas 1.186.454,08 hektar. Dari jumlah luas area hutan  tersebut seluas 472.394,12 hektar dinyatakan rusak atau sebesar 39 persen, sehingga jumlah hutan yang tersisa saat ini di wilayah Provinsi Gorontalo tinggal sekitar 826.000 hektar. Luas lahan kritis di Kabupaten Gorontalo mencapai 75.351 Ha atau lebih kurang 43,04% dari luas Wilayah. Kecenderungan pengelolaan kawasan hutan Daerah Kabupaten Gorontalo yang belum sepenuhnya melibatkan masyarakat di dalam maupun sekitar kawasan dan menimbulkan perbedaan kepentingan antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga pemberdayaan kawasan hutan masih sebatas mengamankan dari pada memanfaatkan potensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang Dashboard Sistem Informasi Pemberdayaan Kawasan Hutan Berbasis WEB (DASIPEKAN). Hasil penelitian ini diperoleh hasil akhir yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat dan pemerintah untuk menyampaikan informasi terkait kawasan hutan dan tugas dari setiap balai yang ada di wilayah kabupaten Gorontalo, mengunakan dashboard sistem informasi pemberdayaan kawasan hutan berbasis web dengan  mengunakan metode pengembangan prototype .

 

Kata Kunci: Dashboard Sistem Informasi, Pemberdayaan Kawasan Hutan, Metode Prototype


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. dan Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Anggriawan, F. D., & Widodo, A. P. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Dashboard Untuk Manajemen Kegiatan Kehutanan (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Damanik, S. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Jogiyanto H.M (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Publisher.

Nugraha, I. Y. (2022). Pengembangan Aplikasi Dashboard Manajemen Basil Tes Kompetensi Bahasa.

Praniffa, A. C., Syahri, A., Sandes, F., Fariha, U., Giansyah, Q. A., & Hamzah, M. (2023). Pengujian Sistem Informasi Parkir Berbasis Web Pada UIN SUSKA RIAU Menggunakan White Box dan Black Box Testing. Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 1-6.

Pressman, S. R., and Maxim, R. B. 2015. Software Engi neering: A Practitioner's

Approach, McGraw-Hill Education, New York.

Siddiq, N. K., & Assaori, M. S. (2021). Eksistensi Undang-Undang No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dalam Pengelolaan Hutan. Jurnal Fundamental Justice, 1-12.

Sihombing, W. W., Aryadita, H., & Rusdianto, D. S. (2018). Perancangan Dashboard Untuk Monitoring Dan Evaluasi (Studi Kasus: FIL KOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Susanto, A. and Meiryani. (2019). System Development Method with The Protorype Method. Int. J. Sci. Technol. Res, Vol.8, No.7.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.20242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iran N Rajanun, Rahman Takdir, Nikmasari Pakaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.