SISTEM INFORMASI KOPERASI BERBASIS GIS DI TELUK TOMINI

Zidan Fazriansyah Motota, Salahudin Olii, Budiyanto Ahaliki

Abstract


Abstrak

 

Pelayanan jasa simpan pinjam pada koperasi di Gorontalo pada saat ini masih diproses secara manual yang dapat menyebabkan pekerjaan menjadi kurang efektif dan tidak efisien, tidak adanya pemetaan persebaran lokasi dan kurangnya informasi yang lengkap terhadap koperasi sehingga masyarakat yang ingin mencari informasi mengenai koperasi sangat sedikit dan sulit ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi koperasi berbasi GIS dengan menggunakan motode waterfall model, yaitu analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini berupa pemetaan sebaran koperasi di wilayah Teluk Tomini yaitu Kab. Pohuwato, Kab. Boalemo, Kab. Bone Bolango, Kab. Gorontalo dan Kota Gorontalo. Informasi yang lengkap memudahkan masyarakat umum dalam mencari informasi koperasi. Didalam sistem ini menyajikan informasi berupa profil koperasi, titik koordinat lokasi koperasi berada, pendaftaran anggota, hingga informasi mengenai simpan pinjam anggota.

 

Kata Kunci :  Sistem Informasi Geografis, Koperasi, Teluk Tomini


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, A. D. (2016). Pembangunan SistemInformasiGeografisBerbasis Web UntukPemetaanPersebaranIndustriKreatifBerbasisBudaya Di Kota Surakarta.

Fadhila, A. (2017). PembuatanSistemInformasiGeografis( Sig ) Berbasis Web UntukPemetaanPersebaran Usaha Mikro Kecil Menengah di KabupatenBlitar. https://repository.its.ac.id/42625/1/3513100030-Undergraduate_Theses.pdf

Firmansyah, Amrie; Arham, Amardianto; Nor, Aji Muhammad Elvin; Simanjuntak, N. F. (2019). EdukasidanPendampinganPelaksanaanKewajibanPerpajakan Usaha Mikro Kecil danMenengahPada KOPERASI XYZ. IntervensiKomunitas, 1 No. 1(September), 1–7.

Hamzah, A., Kumalasanti, R. A., &Pangestuti, R. (2020). RancangBangunSistemInformasiGeografis (SIG) untukKoperasiPedagang di PasarTradisionilDemangan Yogyakarta Geographical Information System (GIS) Design for Trader Cooperatives in Demangan Traditional Market, Yogyakarta. Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence SMAI, 2020, 41–48.

Indarto, (2013). SistemInformasiGeografis. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Ismail, A., Nadila, N., Irwan, M. A. F., Syamsir, M., Qushasyi, M. F., &Syahid, M. H. (2021). SistemInformasiGeografis (SIG) Lokasi KOPERASI BerbasisWebGISGunaMeningkatkanPerekonomian KOPERASI. JurnalPengabdianMasyarakatHasanuddin, 2(2), 62–75.

Pressman, R.S. (2012). RekayasaPerangkatLunak: PendekatanPraktisi. Yogyakarta: Andi.

Sommerville, Ian. (2011). Software Engineering (RekayasaPerangkatLunak). Jakarta: Erlangga.

Sirenden, BernadusHerdidan Ester LaekhaDachi. (2012). BuatSendiriAplikasiPetamuMenggunakanCodeigniterdan Google maps API. Jakarta: Andi Publisher




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.20467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 zidan fazriansyah motota

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.