Evaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap SIAK Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango Dengan Pendekatan TAM

Murni Setyani Gusti, Mukhlisulfatih Latief, Rahman Takdir

Abstract


SIAK adalah sistem Informasi Yang Memamfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi untuk melakukan kegiatan pengelolaan data administrasi penduduk. Namu aplikasi SIAK belum banyak digunakan. Oleh karena itu, perlu dilakukannya evaluasi terhadap perimaan pengguna SIAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana  penerimaan pengguna terhadap SIAK menggunakan metode TAM. Hasil penelitian dari tujuh hipotesis di ajukan menunujukan Perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness dalam penerimaan SIAK, Perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using dalam penerimaan SIAK, perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using dalam penerimaan SIAK, perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap acceptance of system dalam penerimaan SIAK, attitude toward using berpengaruh signifikan terhadap acceptance of system dalam penerimaan SIAK, Perceived ease of use dan perceived usefulness secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap attitude toward using dalam penerimaan SIAK, perceived usefulness dan attitude toward using secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap acceptance of system dalam penerimaan SIAK.


Full Text:

PDF

References


Arief, Wibowo. (2006). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM).

Mardlatillah, H. (2020). Evaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dengan Pendekatan TAM pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara [Skripsi]. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Meha, R, Ridwan (2019) berjudul “Analisis kepuasan pengguna sistem informasi akademik di UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta”

Ramadhani, H., dan Monalisa, S. (2017). Analisis Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Raport Menggunakan Metode TAM. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol.3, No.2, 65-69.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.20510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 murni setyani gusti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.