IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM SISTEM INFORMASI PEMASARAN DAN PENJUALAN GULA AREN

Rivaldy Saputra Agus, Roviana H Dai, Nikmasari Pakaya

Abstract


Proses pemasaran dan penjualan produk di PT. Sentra Mulia Sejahtera, masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan data, pelayanan, hingga penyajian laporan. Proses ini memengaruhi kemampuan perusahaan dalam memasarkan produk secara maksimal dan menyebabkan efisiensi dalam entri data, pencarian data, dan penyajian laporan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan berbasis web yang menerapkan manajemen hubungan pelanggan (CRM). Implementasi CRM berperan dalam mengoptimalkan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan layanan ulasan dan penilaian produk yang memungkinkan pelanggan memberikan umpan balikdan evaluasi terhadap produk yang dibeli. Selain itu, penelitian ini juga mencakup penggunaan kode referral pelanggan sebagai bagian dari strategi CRM. Kode referensi ini dimaksudkan untuk mengajak pelanggan sehingga merekomendasikan produk kepada orang lain. Sebagai insentif, pelanggan akan menerima diskon produk yang meningkat setelah penggunaan kode referal. Hal ini bertujuan untuk memperluas pelanggan jaringan dan meningkatkan efektivitas pemasaran perusahaan. Melalui penerapan CRM, termasuk layanan ulasan dan pemeringkatan produk serta penggunaan kode rujukan, perusahaan mendapatkan informasi yang komprehensif tentang perilaku pelanggan terkait produk, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi pemasaran dan penjualan yang menerapkan CRM. Sistem telah melewati proses pengujian menggunakan teknik pengujian metode blackbox dan whitebox testing hasil pengujian menunjunkan bahwa sistem telah bebas dari pengujian pemprograman, diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memasarkan dan menjual produk Palm Go.

Keywords


Sistem Informasi Pemasaran;Penjualan;Palm Go;Customer Relationship Management;Waterfall;Web

Full Text:

PDF

References


Damanik, F. N. S. (2012). Menjadi masyarakat informasi. Jurnal SIFO Mikroskil, 13(1), 73-82.

Rukmiyati N. M. S., & Budiartha I. K.. (2016). Pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan perceived usefulness pada kepuasan pengguna akhir software akuntansi. Studi empiris pada hotel berbintang di Provinsi Bali. E-journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 05(02), 115-142.

Agunta, & dkk. (2017). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Mobile pada Coffee Toffee. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro (FORTEI), 251-257.

Alhadar, I., & Dkk. (2017). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Pelayanan Nasabah Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967. UNG Repository, 1-15.

Bulotio, S. L., & Dkk. (2016). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Pelayanan Pada Rumah Makan. UNG Repository, 1-12.

Ilimullah, & dkk. (2017). Penerapan Customer Relationship Management Untuk Peningkatkan Pelayanan Pada Kantor Samsat Kota Gorontalo Menggunakan Metode Framework Of Dynamic CRM. -, 1-58.

Irsandi, & dkk. (2021). Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 347-353.

Khedkar, D. E. (2015). Effect Of Customer Relationship Management On Customer Satification And Loyality. India: © IAEME.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muslihudin, M., & dkk. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: ANDI.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa perangkat lunak : pendekatan praktisi edisi 7. Yogyakarta: Andi.

PT. Sentra Mulia Sejahtera. (2022, April 8 Agustus - 8 November). Wawancara Terkait Pemasaran dan Penjualan Produk Palm Go Pada PT SMS. (R. S. Agus, Interviewer)

Vincensius, D., & dkk. (2019). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POINT OF SALES PADA CV . SANJAYA ABADI. Jurnal Informatika dan Bisnis, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.21268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rivaldy Saputra Agus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.