Sistem Informasi Monitoring Kesehatan Orang Dengan Hiv/Aids (ODHA) Berbasis Android

Yuyun S. Latif, Rahman Takdir, Budiyanto Ahaliki

Abstract


Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh penularan virus dari berbagai hal salah – satunya melalui hubungan seksual. Di Provinisi Gorontalo sendiri sejak tahun 2001 ditemukan sebanyak 271 kasus, dan pada tahun 2021 kasus baru HIV/AIDS tercatat sebanyak 144 orang dengan 66 orang kasus HIV dan 48 orang dengan kasus AIDS. Dengan meningkatnya angka penularan penyakit HIV/AIDS ini, menjadikan penyakit menular ini perlu untuk ditanggulangi dengan mempertahankan pengobatan. Akan tetapi status kesehatan pasien HIV/AIDS yang tidak termonitori oleh pihak fasilitas kesehatan, adanya pasien yang putus berobat serta data konsumsi obat yang tidak secara berkala, mengakibatkan minimnya informasi terhadap status kesehatan pasien HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangakn sebuah sistem informasi yang dapat memonitoring status kesehatan dari pasien HIV/AIDS, serta metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode prototype. Hasil dari penelitian ini ialah adanya sebuah sistem informasi yang dapat membantu pasien HIV/AIDS dalam memberikan ataupun menginformasikan secara berkala status kesehatanya serta membantu fasilitas kesehatan dalam memantau kondisi kesehatan pasien secara online.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (2021). Jumlah Akumulasi Kasus HIV-AIDS Tahun 2001 – 2 Desember 2021. Gorontalo : Seksi P2PM Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Kemenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2014 Tentang Penanggulangan Penyakit Menular. Berita Negara Republik Indonesia No.1755.

Pressman, S. (2002). Software Engineering : A Practitioner’s Approach. Yogyakarta: Andi.

Pressman, S., and Maxim, R. (2015). Software Engineering : A Practitioner’s Approach (8th Edition). New York: McGraw-Hill Education

Susanto, A. and Meiryani. (2019). System Development Method with The Protorype Method. Int. J. Sci. Technol. Res, Vol.8, No.7.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i1.21528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuyun S. Latif, Rahman Takdir, Budiyanto Ahaliki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.