Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Siransija Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo

Agnes Wuda Jawa, Lanto Ningrayati Amali, Salahudin Olii

Abstract


Sistem Pengukuran Prestasi Kerja (Siransija) merupakan formula baru yang diupayakan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mengukur kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo merupakan salah satu Dinas yang menerapkan Sistem Siransija. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi siransija. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS mencakup 5 variabel yaitu Isi (Content), Keakuratan (Accuracy), Format (Format), Kemudahan Pengguna (Ease of Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness). Dengan sampel sebanyak 107 responden. Hasil pengujian hipotesis terdapat 3 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu Content, Accuracy, dan Timeliness dan terdapat 2 variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan yaitu Format dan Ease of Use terhadap tingkat kepuasan pengguna sistem informasi siransija. Dan hasil perhitungan tingkat kepuasan pengguna dari kelima variabel terdapat 4 variabel yang berada pada kategori Puas yaitu Content, Format, Ease of Use, dan Timeliness dan untuk variabel Accuracy berada pada Kategori Netral


Full Text:

PDF

References


Doll, W. J and Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, June, Page 259-274.

Kinanti, N., Putri, A., & Indriyanti, A. D. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu ( SIAKADU ) pada Universitas Negeri Surabaya. 02(02), 78–84.

Prehanto, D. R., Indriyanti. A. D., Permadi, G. S., Vitadiar, T. Z., & Jayanti, F. D. (2019). Library book modeling data using the association rule method with apriori algorithm in determining book placement and analysis of book loans. International Journal of Advanced Science and Technology, 29 (5).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i1.21529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agnes Wuda Jawa, Lanto Ningrayati Amali, Salahudin Olii

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.