Sistem Informasi Inkubator Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Website di Fakultas Teknik

Randi I. Bumbuluto, Tajuddin Abdillah, Indhitya R. Padiku

Abstract


UMKM memiliki peran krusial dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, karena mereka memberikan peluang bagi individu dan kelompok untuk menjadi mandiri secara ekonomi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, telah berperan aktif dalam  mendukung mahasiswa untuk jadi pelaku UMKM yang tangguh, akan tetapi UMKM di lingkungan Fakultas Teknik sering menghadapi sejumlah permasalahan, yaitu mulai dari perhomohonan bantuan modal yang masih dilakukan secara konvesional yaitu dimana mahasiswa harus datang langsung ke PKM untuk memasukan proposal bantuan modal UMKM, hal tersebut cukup memakan waktu karena jarak tempuh kampus 4 ke kampus 1 lumayan jauh. serta  keterbatasan informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis mereka. Tujuan penelitian ini yaitu merancang Sistem Informasi Inkubator Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berbasis Website yang membantu fakultas Teknik dalam proses pendampingan dan pengelolaan mahasiswa pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sistem development life cycle (SDLC), penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan sebuah Sistem Informasi yang lebih menarik dan efisien berbasis web. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi inkubator bisnis usaha mikro kecil dan menengah berbasis website. Dengan adanya sistem informasi UMKM di Fakultas Teknik, dapat memberikan dampak yang baik kepada mahasiswa Fakultas Teknik yang memiliki usaha.


Full Text:

PDF

References


Abid, M. (2021). Belajar Memulai Binis Umkm. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 35.

Cahyana, Y. (2022). Perancangan Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Web Di Desa Bojongsari. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 6(2), 47-52.

Lutfiani, N., Rahardja, U., & Manik, I. S. P. (2020). Peran inkubator bisnis dalam membangun startup pada perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 77-89.

Zulkarnain, W., & Andini, S. (2020). Inkubator Bisnis Modern Berbasis I-Learning Untuk Menciptakan Kreativitas Startup di Indonesia. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 77-86.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i1.23916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Randi I. Bumbuluto, Tajuddin Abdillah, Indhitya R. Padiku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.