PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA ARASHIMA FITNESS CENTRE GORONTALO

Isra Alghiffari Uno, Mohamad Syafri Tuloli, Nikmasari Pakaya

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh pihak pengelola manajemen pada Arashima Fitness Centre Gorontalo menjadi penyebab dilakukannya penelitian ini. Pengolahan data layanan pada Arashima Fitness Centre Gorontalo masih dilakukan secara manual, mengingat terus bertambahnya pengunjung di setiap bulannya, hal itu menyebabkan kendala pada proses kerja pada Arashima Fitness Centre dalam pengolahan data member salah satunya pencatatan data membership dan pembuatan laporan yang belum menggunakan bantuan aplikasi komputer. Hal ini mengakibatkan pemilik usaha merasa sulit untuk memantau aktivitas transaksi secara instant, pengolahan penyimpanan data member mudah rusak dan hilang, serta member yang sudah habis masa aktifnya tetap bisa masuk latihan sehingga dapat menyebabkan laporan keuangan menjadi tidak sesuai dengan laporan seharusnya. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi diperlukan adanya sistem informasi manajemen dalam pengelolaan data-data transaksi dan meminimalisir kesalahan dalam pembukuan laporan bulannya serta meningkatkan kualitas kinerja karyawan dikarenakan pekerjaan akan lebih terkoordinasi serta sistematis. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Prototype. Sistem ini mencakup fitur-fitur seperti pengolahan data-data transaksi pada tempat fitness, Manajemen membership, layanan penyewaan fitness trainer, dan pembuatan laporan. Sistem ini akan memudahkan pihak Arashima Fitness Centre Gorontalo dalam mengelola berbagai macam data layanan agar lebih lebih terkoordinasi serta sistematis.


Full Text:

PDF

References


Alkahfi, M. M. (2014). Sistem informasi pengeloaan fitness center tiga saudara di muara enim provinsi sumatera selatan. 3(Diploma III), 1–22.

Ogedebe, P., & B.P.Jacob. (2012). Prototyping : A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software, 2.

Pressman, R. S., & Maxim, B. (2014). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. MCGRAW-HILL, 8.

Susanto, A., & Meiryani. (2019). System Development Method with The Prototype Method. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(7), 141–144.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i1.24081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Isra Alghiffari Uno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.