IMPLEMENTASI METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) DALAM TEKNIK STEGANOGRAFI PADA CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN MATLAB

Agung Wahyu Laksono, Sitti Suhada, Alfian Zakaria

Abstract


Penelitian ini mendokumentasikan implementasi metode Least Significant Bit (LSB) dalam steganografi pada citra digital menggunakan MATLAB. Penelitian bertujuan membuat program steganografi dengan metode LSB dan menganalisis efisiensinya berdasarkan PSNR, waktu proses, dan ukuran file. Fokusnya adalah pada gambar digital dalam format PNG32, menggunakan ASCII untuk teks, serta penerapan steganografi dalam menyembunyikan pesan pada media digital seperti gambar dan audio. Studi mencakup tabel hasil metode LSB pada berbagai file gambar, dengan perbandingan gambar stego pada jumlah teks tersembunyi yang berbeda. Artikel ini juga menyertakan daftar referensi untuk bacaan lebih lanjut. Sistem steganografi yang diusulkan mencakup fungsi encoding, decoding, tampilan gambar pada GUI, serta perhitungan PSNR dan MSE. Evaluasi dilakukan pada sepuluh file gambar dengan ukuran dan dimensi yang beragam, dicatat dalam tabel.Kode yang digunakan dijelaskan secara rinci, termasuk loop untuk mengubah piksel gambar dan penyimpanan teks dalam bentuk biner. Secara keseluruhan, proposal ini memberikan kajian komprehensif tentang implementasi dan evaluasi metode LSB dalam steganografi citra digital menggunakan MATLAB.

Keywords


Least Significant Bit; Peak Signal to Noise Ratio; Steganography, citra gambar

Full Text:

PDF

References


Atoum, M.S., Al-Rababah, O.A. and Al-Attili, A.I. 2011. New Technique for Hiding Data in Audio File. International Journal of Computer Science and Network Security. Vol. 11, No. 4, pp. 183-187. Atoum, M.S., Al-Rababah, O.A. and Al-Attili, A.I.... - Google Scholar

Darwis, D. 2015. Implementasi Steganografi pada Berkas Audio Wav untuk Penyisipan Pesan Gambar Menggunakan Metode Low Bit Coding. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi. Vol, 5. No. 1.

Farhani, Wirda Sri, and Aggrivina Dwiharzandis. "Steganografi metode least significant bit (lsb) pada mpeg spatial audio object coding." Rang Teknik Journal 5.2 (2022): 364-368.

Kurniawan, I. 2013. Implemantasi dan Studi Perbandingan Steganografi pada File Audio WAVE Menggunakan Teknik Low-Bit Encoding dengan Teknik End Of Life. Journal of Informatics and Technology, Vol 2, No 3, Tahun 2013, p 1-12.

Langi, E.R., Sambul, A.M., and Kambey, F.D. 2021. Perbandingan Metode Least Significant Bit dan Discrete Wavelet Transform dalam Teknik Steganografi pada Citra Batik Bentenan. Skripsi Program S1 Teknik Elektro Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Naharuddin, A. 2018. Steganografi Teks Menggunakan Pemetaan Digit Biner Pada Karakter ASCII Untuk Keamanan Plain Text. Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nugroho, Catur. "Steganografi Pada Pengiriman Teks Pesan Gambar dengan Metode Least Significant Bit & Steghide." Jurnal Ilmu Siber (JIS) 1.4 (2022): 113-116.

Pranoto, B. 2011. Steganografi Pada Citra Digital Menggunakan Metode Spread Spectrum dan Metode Least Significant Bit Modification. Tugas Akhir Program S1 Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Prasetyo, Fahri Perdana. "Steganografi menggunakan metode LSB dengan software Matlab." (2010).

Putraa, I. Gusti Ngurah Bagus Pramana, et al. "Penerapan Steganography Untuk Perlindungan Hak Cipta Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB)." Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana p-ISSN 2301 (2022): 5373.

Putro, Berdianto Widyastomo Anggoro, and Febriani Febriani. "Aplikasi Watermarking Dengan Metode Least Significant Bit Menggunakan Matlab." Jurnal Ilmiah Informatika Komputer 21.3 (2017).

Primawati, Alusyanti, et al. "Terapan Metode Least Significant Bit untuk Deteksi Keaslian e-Sertifikat." Faktor Exacta 16.3 (2023).

Ria, G. 2010. Studi Perbandingan Steganografi pada Audio, Video, dan Gambar. Program Studi Sistem dam Teknologi Informasi, Institut Teknologi Bandung.

Wijaya, H. dan Wilianti, K. 2013. Penyisipan Teks dengan Metode Low Bit Coding Pada Media Audio Menggunakan Matlab 7.7.0. Jurnal TICOM. Vol. 1, No. 3, pp. 28-35.

Za’imatun, N., and Steganografi Berbasis Least Significant Bit. "Steganografi Berbasis Least Significant Bit (LSB) Untuk Menyisipkan Gambar Ke Dalam Citra Gambar." Faktor Exacta 5.2 (2014).




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i1.24194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 agung wahyu laksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.