Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Diri Peserta Didik Menggunakan Metode Prototype di Raudhatul Athfal Almourky

Nur Zalfaa Alfathi Mohi, Muhammad Rifai Katili, Nikmasari Pakaya, Tajuddin Abdillah, Sitti Suhada, Bait Syaiful Rijal

Abstract


Pengelolaan data memiliki peranan yang penting di berbagai sektor, termasuk dalam lembaga pendidikan seperti Raudhatul Athfal Almourky. Saat ini, pengelolaan data peserta didik di Raudhatul Athfal Almourky masih terdapat beberapa permasalahan seperti; data-data peserta didik baru, data peserta didik aktif, maupun data alumni masih ditulis pada buku induk sehingga proses pencarian data memakan waktu yang lama, formulir-formulir pendaftaran di kumpulkan dan disatukan ke dalam buku album besar. sehingga memakan banyak tempat penyimpanan di lemari arsip, serta tidak teraturnya manajemen data peserta didik di Raudhatul Athfal Almourky yang mengakibatkan kehilangan data peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi data diri peserta didik berbasis web yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pengelolaan data siswa dan alumni serta proses pendaftaran siswa baru di RA Almourky. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode prototype. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dengan database MySQL. Penelitian ini menggunakan metode Alpha testing untuk pengujian secara internal dan Beta testing untuk pengujian yang melibatkan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pengelolaan data diri peserta didik berbasis website yang dapat digunakan oleh pegawai administrasi untuk mempermudah pengelolaan data peserta didik di Raudhatul Athfal Almourky.

Keywords


Sistem Informasi, Prototype, PHP, MySQL, Pengelolaan Data

Full Text:

PDF

References


Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.

Ferdianto, M. C. (2022). Prototype dalam Pengembangan Sistem. Retrieved from Binus University School of Information System: https://sis.binus.ac.id/2022/01/10/prototype-dalam-pengembangan-sistem/

Helmawati. (2015). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Masripah, S., & Ramayanti, L. (2020). Penerapan Pengujian Alpha dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru. Jurnal Swabumi, 8(1), 100-105.

RA Almourky. (2023). Buku Registrasi Murid Raudhatul Athfal Almourky Tahun Pelajaran 2015/2016 Sampai Tahun Pelajaran 2023/2024. Gorontalo.

Rahmadhani, S. (2023). 6 Tahapan Prototype dalam Pengembangan Sistem. Retrieved from Suitmedia: https://suitmedia.com/ideas/6-tahapan-prototype-dalam-pengembangan-sistem.

Republik Indonesia. (2007). Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from JDIH Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/216110/permendikbud-no-19-tahun-2007.

Suandi, A., Khasanah, F. N., & Retnoningsih, E. (2017). Pengujian Sistem Informasi E-Commerce Usaha Gudang Cokelat Menggunakan Uji Alpha dan Beta. Information System For Educators and Professionals, 2(1), 61-70.

Wirawan, I. W., & Pramartha, C. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Penanganan Penderita Gangguan Jiwab Dengan Pendekatan Enterprise Systems. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 5(1), 31-41.




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i2.25611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Zalfaa Alfathi Mohi, Muhammad Rifai Katili, Nikmasari Pakaya, Tajuddin Abdillah, Sitti Suhada, Bait Syaiful Rijal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.