Sistem Informasi Program Keluarga Harapan (PKH) Menggunakan Metode K-Means Clustering Di Kabupaten Bone Bolango

Siska Wati Tolana, Moh. Hidayat Koniyo, Budiyanto Ahaliki, Salahudin Olii

Abstract


Kurangnya informasi dalam menampilkan data tersebut menjadi kendala bagi pemerintah untuk menganalisis efektifitas penerima pkh di Kabupaten Bone Bolago. Dengan menerapkan metode k-means clustering, dapat dilakukan segmentasi atau pengelompokan wilayah yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu Cluster 1 dan Cluster 2 dimana setiap cluster ini memiliki tingkat kesejahteraan sosial tinggi dan rendah atau sedikit dan banyaknya penerima pkh. Sehigga wilayah dengan kesejahteraan sosial tinggi akan memerlukan lebih banyak perhatian dan dukungan dibandingkan wilayah dengan kesejahteraan sosial rendah. Penelitian ini bertujuan yaitu membangun Sistem Informasi Pemetaan Program Keluarga Harapan (PKH) menggunakan metode K-Means Clustering. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan penelitian ini adalah sistem informasi pemetaan program keluarga harapan menggunakan K-Means Clustering telah berhasil dibuat untuk dapat membantu pihak Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango dalam menghasilkan keputusan yang lebih efektif terhadap bantuan penerima PKH yang lebih baik dan tepat sasaran. Dari hasil perhitungan K-means Clustering penerima PKH menghasilkan 7 kecamatan yang memiliki kesejateraan sosial tinggi (C1) dengan hasil presentase 38,9% dan ada 11 kecamatan yang memiliki kesejateraan sosial Rendah (C2) dengan hasil presentase 61.1%, dimana hasil dari perhitungan Cluster ini diharapkan dapat membantu proses terhadap pelaksanaan bantuan penerima PKH sehingga dapat meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dan mengatasi kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango.


Full Text:

PDF

References


Fathurrahman, I., Wajdi, M. F., Putra, H. M., & Widarina, B. V. (2022). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sebaran Data Covid-19 Pada Puskesmas Kerongkong Kabupaten Lombok Timur Berbasis Web. Infotek J. Inform. dan Teknol, 5(1), 42-52.

Hasymi, M. A., Faisol, A., & Ariwibisono, F. X. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Warga Kurang Mampu Di Kelurahan Karang Besuki Menggunakan Metode K-Means Clustering. JATI Informatika), 5(1), 284-290.

Kemenkeu, 2015. Kajian Program Keluarga Harapan.

Suyanti, S. (2022). Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus di Desa Besuki Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).




DOI: https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i2.26361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siska Wati Tolana, Moh. Hidayat Koniyo, Budiyanto Ahaliki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Diffusion: Journal of Systems and Information Technology
Department of Information System, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: diffusion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.