UJI VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran inkuiri berupa RPP, LKPD dan Tes Berpikir Kreatif berorientasi model pembelajaran inkuiri pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPN 1 Bolangitang Timur. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator berkisar antara 75 sampai dengan 100%, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dari validator berkisar antara 82.5 sampai dengan 100% dan tes berpikir kreatif memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata berkisar antara 82.5 sampai dengan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran inkuiri pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan memenuhi kriteria valid untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v4i1.14316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .
<!--