VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP

Anita Sabara, Frida Maryati Yusuf, Jusna Ahmad

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas  perangkat pembelajaran berbasis STEAM berupa RPP, LKPD dan Tes Penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPN 1 Kwandang dan SMPN 2 Kwandang. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 96 % , LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 97 % dan tes penguasaan konsep memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 97 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEAM pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan memenuhi kriteria valid untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik


Keywords


perangkat pembelajaran; penguasaan konsep; STEAM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 anita sabara, Frida Maryati Yusuf, Jusna Ahmad

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--