UJI VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KETERPADUAN TIPE CONNECTED BERORIENTASI STUDI KASUS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENUNJUKKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK

Mulyadi Maruni, Masra Latjompoh, Frida Maryati Yusuf

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas  perangkat pembelajaran model keterpaduan tipe connected berorientasi studi kasus sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menunjukkan kemampuan berpikir peserta didik. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan Research & Development dengan rancangan uji coba One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator sebesar 89,02%, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dari validator dengan rata-rata  nilai sebesar 87,76% dan THB (Tes Hasil Belajar) memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model keterpaduan tipe connected berorientasi studi kasus pada materi pencemaran lingkungan memenuhi kritera sangat valid untuk menunjukkan kemampuan berpikir peserta didik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran


Keywords


perangkat pembelajaran; connected; studi kasus; kemampuan berpikir

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 MULYADI MARUNI, Masra Latjompoh, FRIDA MARYATI YUSUF

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--