UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI PEWARISAN SIFAT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Dahlan Latif, Frida Maryati Yusuf, Lilan Dama

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas  perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving berupa RPP, LKPD dan Tes Berpikir Kritis menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat di SMPN 3 Satu Atap Tilamuta. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dan valid dengan nilai rata-rata dari validator berkisar antara 80 sampai dengan 100%, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dan valid dari validator berkisar antara 80 sampai dengan 100% dan tes berpikir kritis memenuhi kriteria sangat valid dan valid dengan nilai rata-rata berkisar antara 80 sampai dengan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat memenuhi kriteria valid untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik


Keywords


validas; perangkat pembelajaran; problem solving; berpikir kritis; pewarisan sifat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 DAHLAN LATIF, FRIDA MARYATI YUSUF, LILAN DAMA

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

 

<!--