UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI PEWARISAN SIFAT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving berupa RPP, LKPD dan Tes Berpikir Kritis menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat di SMPN 3 Satu Atap Tilamuta. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dan valid dengan nilai rata-rata dari validator berkisar antara 80 sampai dengan 100%, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dan valid dari validator berkisar antara 80 sampai dengan 100% dan tes berpikir kritis memenuhi kriteria sangat valid dan valid dengan nilai rata-rata berkisar antara 80 sampai dengan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat memenuhi kriteria valid untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 DAHLAN LATIF, FRIDA MARYATI YUSUF, LILAN DAMA
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .
<!--